Rabu, 27/05/2020 06:13 WIB

Rusia Bantu Korut Perangi Covid-19

Setiap hari setidaknya 40 gerbong barang dimuat dengan gandum berangkat ke Pyongyang

Bendera Korut (foto: Tass)

Jakarta, Jurnas.com - Korea Utara menerima 25.000 ton gandum berkualitas tinggi dari Rusia sebagai bantuan kemanusiaan untuk membantu menangani dampak dari pandemi covid-19.

Hal itu disampaikan kedutaan besar Rusia di Pyongyang dalam sebuah pernyatan melalui akun media sosial, seperti dikutip Tass, Jumat (15/05).

"Pada 14 Mei, Duta Besar Alexander Matsegora dan diplomat kedutaan Rusia mengunjungi pelabuhan Nampo, tempat kapal kargo Polina yang mengibarkan bendera Sierra Leone telah tiba. Kapal itu mengirimkan 25.000 ton biji-bijian berkualitas tinggi dari Novorossiysk," bunyi pernyataan itu.

Menurut kedutaan, karena pembatasan karantina saat ini, anggota awak kapal ditempatkan di bawah pengawasan medis dan muatan diturunkan dari kapal di daerah pelabuhan yang terisolasi. "Kami harus menyaksikan kerja tim besar dari pekerja keras dan pekerja kereta api Korea Utara dari jauh," kata pernyataan itu.

"Kita bisa melihat bahwa mereka melakukan yang terbaik untuk memastikan tidak ada satu butir pun yang hilang. Mereka membentangkan terpal antara sisi kapal dan rel kereta api dan dengan hati-hati mengumpulkan segala sesuatu yang disimpan dari sendok derek dermaga," tambahnya.

Setiap hari setidaknya 40 gerbong barang dimuat dengan gandum berangkat ke Pyongyang, di mana gandum dikirim ke gudang atau diproses di pabrik tepung.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Korea Utara yang menemani para diplomat Rusia selama kunjungan mengatakan bahwa negara itu sangat berterima kasih kepada Rusia atas bantuan kemanusiaan yang diberikan.

Menurut misi diplomatik Rusia, Program Pangan Dunia PBB (WFP) dan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) merilis laporan bersama pada 2019, yang mengatakan bahwa setidaknya 10 juta orang di Korea Utara menghadapi kekurangan pangan.

Pada tahun 2019, Rusia menyediakan sekitar 8.000 ton gandum ke negara itu melalui Program Pangan Dunia PBB.

Misi WFP ke Pyongyang memperkirakan nilai total biji-bijian yang diberikan oleh Rusia ke Korea Utara pada 2019 sebesar $ 8 juta.

TAGS : Wabah Covid-19 Korea Utara Pemerintah Rusia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :