Kamis, 26/11/2020 07:55 WIB

Menlu Pompeo Tuding Iran Gunakan Sumber Dayanya Sebar Teror

Kunjungan itu dilakukan sehari sebelum pemerintah baru Israel dilantik untuk membahas rencana untuk mencaplok lebih banyak Tepi Barat yang diduduki dan dilanda kekerasan.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo.(Foto: )

Yerusalem, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo menuduh Iran menggunakan sumber dayanya untuk memicu teror bahkan ketika rakyatnya menghadapi wabah virus corona yang paling mematikan.

"Bahkan selama pandemi ini, orang Iran menggunakan sumber daya rezim ayatollah untuk memicu teror di seluruh dunia, bahkan ketika rakyat Iran berjuang sangat keras," kata Pompeo di Yerusalem sebelum bertemu Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu.

"Ini bercerita banyak tentang jiwa orang-orang yang memimpin negara itu," tambahnya.

Pompeo mengunjungi Israel dalam perjalanan satu hari yang mencakup pertemuan dengan Netanyahu dan mitra koalisinya, Benny Gantz.

Pompeo mengatakan kepada surat kabar Israel Hayom, tidak hanya membahas pencaplokan, tetapi juga membas masalah lain. Termasuk semua faktor yang terlibat dan bagaimana memastikan langkah itu dilakukan dengan benar untuk menghasilkan hasil sesuai visi perdamaian.

Kunjungan itu dilakukan sehari sebelum pemerintah baru Israel dilantik untuk membahas rencana untuk mencaplok lebih banyak Tepi Barat yang diduduki dan dilanda kekerasan.

Perjalanan Pompeo bertepatan dengan meningkatnya kekerasan di Tepi Barat.

Tentara Israel menembak mati seorang warga Palestina berusia 15 tahun di dekat kota titik nyala Hebron, Rabu (13/4), sehari setelah seorang pelempar batu Palestina menewaskan seorang tentara Israel dalam operasi penangkapan di dekat Jenin, kematian pertama tentara tahun itu.

Netanyahu dan Gantz akan meluncurkan pemerintahan bersatu pada Kamis (14/5), setelah bersaing dalam tiga pemilihan yang tidak meyakinkan dalam waktu kurang dari satu tahun sebelum menyetujui berbagi kekuasaan pemerintah selama tiga tahun.

Dalam kesepakatan berbagi kekuasaan itu, Netanyahu akan menjadi perdana menteri selama 18 bulan dan digantikan oleh Gantz. Keduanya akan bertukar jabatan di tengah-tengah kesepakatan.

Perjanjian koalisi mereka mengatakan pemerintah mulai 1 Juli mulai mempertimbangkan untuk mengimplementasikan rencana Mideast Presiden Donald Trump.

Palestina menolak proposal Trump dan memutuskan hubungan dengan pemerintahannya pada tahun 2017 atas sikap pro-Israel. Ketua juru runding mereka Saeb Erekat mengatakan tim Pompeo belum menjangkau sebelum kunjungan.

TAGS : Mike Pompeo Pencaplokan Tepi Barat Benjamin Netanyahu




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :