Sabtu, 20/04/2024 01:06 WIB

Pohon Bambu Langka, Kanada Pulangkan Panda China

Pandemi virus corona baru (Covid-19) membuat Kebun Binatang Calgary di Kanada akhirnya memulangkan dua panda raksasa ke China.

Seekor panda raksasa sedang berusaha memanjat pohon di Pangkalan Penelitian Panda di Chengdu, Provinsi Sichuan, China pada 20 November 2017. (Foto: Stephen Shaver/UPI)

Montreal, Jurnas.com - Pandemi virus corona baru (Covid-19) membuat Kebun Binatang Calgary di Kanada akhirnya memulangkan dua panda raksasa ke China.

Pasalnya penerbangan yang terganggu akibat Covid-19, menyulitkan pihak kebun binatang memperoleh bambu segar. Maklum, sebelumnya bambu segera didatangkan langsung dari China untuk dua panda tersebut.

"Tim Kebun Binatang Calgary bekerja tanpa lelah untuk memasok bambu alternatif, dan menemukan cara untuk menjaga agar panda raksasa tetap diberi makan. Namun dengan pengiriman yang lebih lambat menyebabkan beberapa bambu berkualitas buruk, yang tidak akan dimakan oleh panda raksasa," kata kebun binatang tersebut pada Rabu (13/5).

"Mengetahui kemungkinan gelombang kedua Covid-19, dan tantangan rantai pasokan bambu akan terus berdampak negatif pada kemampuan kebun binatang menyediakan bambu untuk panda raksasa, Kebun Binatang Calgary merasa sangat penting untuk memindahkan panda raksasa kembali ke China, di mana ada sumber bambu lokal yang melimpah," lanjut Calgary.

Dikutip dari South China Morning Post, panda raksasa diberi makan hampir secara eksklusif pada bambu segar, dan setiap panda dewasa mengunyah sekitar 40 kg bambu setiap hari.

"Kami percaya tempat terbaik dan teraman bagi Er Shun dan Da Mao selama masa-masa yang penuh tantangan dan belum pernah terjadi sebelumnya ini adalah di mana bambu berlimpah dan mudah diakses,” kata presiden dan kepala eksekutif Kebun Binatang Calgary Clément Lanthier.

"Ini adalah keputusan yang sangat sulit untuk dibuat tetapi kesehatan dan kesejahteraan hewan yang kita cintai dan rawat selalu menjadi yang utama," imbuh dia.

Er Shun dan Da Mao tiba di Kanada pada 2013 sebagai bagian dari perjanjian 10 tahun antara Kanada dan China. Keduanya menghabiskan lima tahun di Kebun Binatang Toronto dan tiba di Calgary pada Maret 2018 bersama anak-anak mereka, Jia Panpan dan Jia Yueyue, yang sudah kembali ke Tiongkok.

Kebun binatang mengatakan kedua panda itu akan sangat dirindukan oleh staf, sukarelawan, donor dan pengunjung dari seluruh dunia.

Meskipun perpisahan secara pribadi tidak mungkin dilakukan selama penutupan sementara kebun binatang, publik dapat melihat panda secara online melalui PandaCam.

KEYWORD :

Panda Raksasa Kanada China Pohon Bambu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :