Kamis, 25/04/2024 12:13 WIB

Saudi Tiba-tiba Tarik Pasukan dari Yaman

milisi Islah dan STC telah mencapai kesepakatan yang mendorong pasukan Saudi untuk meninggalkan posisi mereka di pulau itu.

Pasukan khusus koalisi Arab Saudi dan Yaman (foto: The National)

Jakarta, Jurnas.com - Arab Saudi tiba-tiba menarik pasukannya dari pulau Socotra, Yaman, hanya dua hari setelah mengambil alih markas otoritas lokal di ibukota Hadibu, yang diserang oleh milisi yang didukung UEA yang selaras dengan separatis Southern Transitional Council (STC).

Dilansir Middleeaat, bentrokan telah meningkat dalam beberapa hari terakhir, termasuk laporan serangan udara Saudi terhadap pangkalan militer yang digunakan oleh STC.

Ada juga laporan tentang bala bantuan Saudi yang tiba di pulau itu untuk memberikan dukungan kepada milisi yang terkait dengan Partai Islah yang berperang atas nama pemerintah Yaman yang berbasis di Saudi.

Namun, menurut Agen Pers Yaman, milisi Islah dan STC telah mencapai kesepakatan yang mendorong pasukan Saudi untuk meninggalkan posisi mereka di pulau itu.

Bala bantuan STC dari provinsi-provinsi daratan selatan Dhalea dan Abyan terus menuju ke Socotra meskipun gencatan senjata di antara faksi-faksi itu tidak lancar.

Sumber-sumber lokal percaya penarikan Saudi akan meninggalkan penduduk Socotra untuk berperang melawan STC, yang kemungkinan akan berhasil dalam mengkonsolidasikan lebih banyak kontrol atas pulau itu, menambah bobot lebih lanjut untuk klaim oleh beberapa pengamat bahwa UEA berusaha untuk melampirkan kepulauan yang letaknya strategis.

Bulan lalu STC, yang berbasis di kota pelabuhan selatan Aden, menyatakan otonomi dari pemerintah Yaman yang diakui PBB, yang ditolak oleh pemerintah dan provinsi selatan dan telah menyebabkan ketegangan dan perpecahan lebih lanjut dalam koalisi yang dipimpin oleh Saudi melawan Houthi. pemerintah yang dipimpin berbasis di ibukota Sanaa.

KEYWORD :

Arab Saudi Wilayah Yaman




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :