Jum'at, 26/04/2024 02:20 WIB

Syahrul Klaim Produksi Pangan Indonesia Cukup Kuat dan terkendali

Untuk beras, neraca hingga Juni diperkirakan sebanyak 6,4 juta ton, jagung sebanyak 1,01 juta ton, gula pasir sebanyak 1,07 juta ton, dan minyak goreng sebanyak 5,7 juta ton.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul pada Rapat Kerja Nasional dan Lokakarya Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) di Hotel Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (30/10).

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan produksi pangan Indonesia cukup kuat dan terkendali karena tahun ini sebagian besar provinsi mengalami surplus produksi.

Untuk itu, kata Syahrul, Kementerian Pertanian (Kementan) mengembangkan strategi sistem logistik nasional dalam menyederhanakan rantai pasok dan intervensi distribusi.

Salah satunya dengan mengalihkan komoditas dari daerah yang surplus ke daerah yang defisit. Untuk saat ini, kata Syahrul, setidaknya ada 28 provinsi dalam kondisi terkendali.

"Tapi dua diantaranya, yaitu Kalimantan Utara dan Maluku perlu mendapat perhatian lebih," ujar kata Syahrul di Jakarta, Senin (4/5).

Data stok dan perkiraan bahan pokok yang diterbitkan Badan Ketahanan Pangan (BKP) menunjukkan bahwa beberapa bahan pokok pangan periode April sampai Juni 2020 masih cukup dan aman.

Untuk beras, neraca hingga Juni diperkirakan sebanyak 6,4 juta ton, jagung sebanyak 1,01 juta ton, gula pasir sebanyak 1,07 juta ton, dan minyak goreng sebanyak 5,7 juta ton.

"Yang terpenting ialah distribus berjalan dengan lancar. Identifikasi wilayahnya, kita punya pemetaannya. Ini perintah Presiden supaya kita semua Kementerian bekerja sama menutup defisit," kata Syahrul.

 

Sementara itu, Guru Besar Ilmu Ekonomi Institut Pertanian Bogor (IPB), Muhammad Firdaus mengapresiasi upaya pemerintah dalam menata sistem distribusi pangan.

"Sistem distribusi pangan perlu ditata dengan baik untuk mengurangi disparitas harga antarwilayah," ujar Firdaus.

Data stok terkini dan prediksi ketersediaan pangan menurut Muhammad Firdaus juga juga sudah dibuat sangat lengkap. "Ini bagus dan perlu diketahui publik, supaya masyarakat lebih tenang," pungkasnya.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Pertanian Produksi Pangan Syahrul Yasin limpo Rantai Distribusi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :