Selasa, 26/05/2020 07:40 WIB

Apa Yang Dilakukan Dokter Bila Payudara Membesar Tidak Normal? Simak Ini

Tetapi, tahukah kamu bahwa payudara dapat membesar dengan ukuran yang tidak normal? Bila kamu curiga mengalaminya, segeralah periksakan diri ke dokter.

Ilustrasi memeriksa kanker payudara (Foto: Independent)

Jakarta, Jurnas.com – Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang proposional biasanya wanita akan melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya. Tak terkecuali dengan payudaranya untuk terlihat besar dan sehat.

Tak sedikit wanita mengambil jalan pintas untuk memperbesar payudaranya dengan melakukan operasi. Bila langkah ini yang kamu pilih, sebaiknya cari tahu seperti apa proses operasi tersebut serta cara perawatan payudara selanjutnya. Bukan itu saja, pelajari juga dampak apa saja yang dapat terjadi.

Tetapi, tahukah kamu bahwa payudara dapat membesar dengan ukuran yang tidak normal? Bila kamu curiga mengalaminya, segeralah periksakan diri ke dokter. Bisa saja itu suatu awal dari gejala penyakit kanker.

Dokter akan mengajukan berbagai pertanyaan dan tes untuk memastikan penyebab pembengkakan pada payudaramu. Tidak perlu merasa sungkan atau malu dalam menjawabnya. Sebaliknya, jawablah dengan jujur dan rinci agar dokter dapat menganalisa penyebabnya.

Pertanyaan yang diajukan tentu berhubungan dengan munculnya pembengkakan terjadi, seperti kapan merasakan kejanggalan tersebut, letak benjolan, riwayat kesehatan keluarga, apakah terasa sakit, pola makanmu, dan sebagainya.

Bukan itu saja, kemungkinan dokter akan melakukan berbagai pemeriksaan seperti pemeriksaan terhadap jaringan payudara untuk mengetahui benjolan tersebut. Setelah itu, merekomendasikan untuuk melakukan tes pencitraan seperti ultrasound atau mammogram.

Jangan dianggap enteng tes tersebut. Tes ini dilakukan agar dokter dapat melihat struktur internal pada payudara sehingga dapat diketahui penyebab benjolan atau pembesaran pada payudara.

Pasien akan direkomendasikan dokter untuk melakukan pengobatan. Ada beberapa jenis pengobatan dan setiap pasien belum tentu sama. Semua tergantung berdasarkan hasil tes sehingga dokter akan memberitahukan jenis pengobatan apa yang cocok untuk keluhanmu tersebut. Simak, ini beberapa jenis pengobatan pembengkakan pada payudara berdasarkan penyebabnya :

Disebabkan infeksi

Kemungkinan langkah yang diambil seorang dokter untuk mengatasi payudara yang membengkak disebabkan infeksi adalah dengan memberikan resep antibiotik. Dokter juga mengingatkan pasien untuk selalu menjaga kebersihan sekitar payudara dan juga mewajibkan pasien untuk menjaganya tetap kering. Dimaksudkan agar infeksi lanjutan bisa segera di cegah.

Disebabkan perubahan hormon

ketika menjelang atau saat menstruasi dapat membuat payudara seorang wanita membengkak. Kemungkinan langkah yang diambil dokter adalah memberikan resep pil KB untuk mengurangi pembengkakan tersebut. Kemungkinan juga, dokter akan menyarankan mengganti tipe kontrasepsi dengan yang lain apabila pasien sudah memakai alat kontrasepsi hormonal.

Disebabkan kanker payudara

Bila pembengkakan dikarenakan kanker maka dokter akan melakukan beberapa tes. Fungsi tes tersebut untuk untuk mengetahui jenis kanker, letak dan stadium yang di derita pasien. Dokter beberapa resep seperti terapi radiasi, kemoterapi, operasi atau kombinasi.

TAGS : Membesar Payudara Dokter




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :