Minggu, 05/07/2020 11:26 WIB

WHO Bela China soal Asal Muasal COVID-19

Trump mengklaim sudah melihat bukti untuk membuktikan bahwa pandemi COVID-19 menyebar dari Institut Virologi Wuhan. 

Viru corona atau COVID-19 (Foto: Shutterstock)

New York, Jurnas.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, asal virus corona baru (COVID-19) lahir secara alami, bertentangan dengan klaim Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, yang menyebut virus tersebut berasal dari sebuah laboratorium di China.

Kepala Keadaan Darurat Kesehatan, Michael Ryan, mengatakan tim WHO sudah berkonsultasi berulang-ulang dengan banyak ilmuwan yang telah melihat urutan gen dan virus. "kami yakin bahwa virus ini berasal dari alam," katanya.

Ryan mengatakan itu penting untuk membangun inang alami virus, yang dapat membantu membuka jalan untuk pemahaman yang lebih baik tentang virus dan cara-cara untuk mencegah dan menanggapi wabah di masa depan.

Pada Kamis (30/4), Trump kembali mengkritik WHO atas tanggapannya terhadap pandemi COVID-19 sambil menuding China berada di belakang wabah virus mematikan.

Trump mengklaim sudah melihat bukti untuk membuktikan bahwa pandemi COVID-19 menyebar dari Institut Virologi Wuhan. Namun, Ia menolak untuk memberikan perincian, dengan alasan tidak diizinkan untuk melakukannya.

"Aku tidak diizinkan untuk memberitahumu," kata Trump pada konferensi pers Gedung Putih.

Trump kembali menyalahkan Beijing karena kelalaian dalam menanggapi pandemi COVID-19, membiarkan negara lain berasumsi bahwa virus yang mematikan itu bisa menyebar dengan sengaja.

Sementara itu, Negeri Tirai Bambu berulang kali meminta Trump untuk berhenti menyebarkan kebohongan dan mengubah kesalahan.

Beijing mengatakan pihaknya menangani COVID-19 secara terbuka, transparan, dan bertanggung jawab dalam upayanya untuk memberi tahu WHO dan negara-negara terkait tentang pandemi dan informasi terkait.

Di sisi lain, Beijing telah menyarankan Washington untuk berhenti menyalahkan orang lain atas wabah berdasarkan teori konspirasi yang tidak ilmiah.

Sebaliknya, Negara Komunis itu menyarankan Gedung Putih untuk berkonsentrasi dalam menemukan cara untuk mengatasi wabah secepat mungkin.

Sejak wabah koronavirus, asal-usul coronavirus novel telah menjadi isu panas yang dibahas secara luas di berbagai kalangan dengan teori konspirasi yang mengaitkannya dengan perang biologis.

Namun, penelitian ilmiah sejauh ini menunjukkan bahwa virus itu bukan senjata yang dikembangkan di laboratorium militer rahasia, dan virus COVID-19 berasal dari proses alami. (Press TV)

TAGS : Virus Corona Amerika Serikat Konspirasi Amerika Serikat Organisasi Kesehatan Dunia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :