Kamis, 25/04/2024 07:30 WIB

Jaga Mental saat Covid-19, Masyarakat Disarankan Batasi Informasi

Dikatakan, hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mental supaya tidak merasa cemas dan was-was.

Ilustrasi membaca via media online

Jakarta, Jurnas.com - Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia mengimbau masyarakat untuk tidak mengonsumsi informasi berlebihan, di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19).

Dikatakan, hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan mental supaya tidak merasa cemas dan was-was.

"Kita dapat mengurangi kecemasan dengan membatasi menonton, membaca atau mendengarkan informasi yang berlebihan. Mengambil jarak sejenak dari informasi yang berlebihan juga baik," kata perwakilan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia Lahargo Kembaren.

Selanjutnya, masyarakat disarankan memilah informasi yang diperoleh. Masyarakat sebisa mungkin untuk mendapatkan informasi yang akurat dari sumber terpercaya dan melakukan pencegahan atau penanganan yang dianjurkan.

Membaca berita dari sumber yang keliru, lanjut dia, dapat menambah kecemasan dan kekhawatiran sehingga ini akan berdampak pada kesehatan jiwa.

Masyarakat juga dapat menghindari perasaan yang tidak nyaman dengan melakukan hal positif, seperti menghindari merokok, mengkonsumsi alkohol dan narkoba.

"Apabila merasakan stres atau perasaan yang tidak nyaman segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan jiwa, seperti psikiater, psikolog, konselor dan lainnya untuk mendapatkan pertolongan cepat dan tepat," terang dia.

Lahargo menambahkan, dalam mengatasi permasalahan kesehatan jiwa, masyarakat dapat melakukan teknik keterampilan seperti relaksasi dengan menarik napas dalam.

KEYWORD :

Covid-19 Kesehatan Mental Virus Corona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :