Kamis, 18/04/2024 23:47 WIB

Kuartal I Ekonomi AS Ambruk, Terburuk Sejak 2008

Kuartal I-2020, perekonomian Amerika Serikat (AS) anjlok 4,8 persen

Pada 1 Januari 1994, Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara antara Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat, berlaku.

Washington, Jurnas.com - Kuartal I-2020, perekonomian Amerika Serikat (AS) anjlok 4,8 persen. Hal karena sentimen negatif virus corona (Covid-19) yang telah bekukan sebagian besar industri di Amerika Serikat.

Mengutip VoA Indonesia, Kamis (30/4/2020), kuartal I-2019 ekonomi AS masih mengalami kenaikan 3,1 persen. Anjloknya perekonomian pada kuartal pertama itu adalah yang terbesar sejak krisis ekonomi tahun 2007-2008.

Pandemi Covid-19 telah memaksa penutupan pabrik-pabrik besar yang punya ribuan pekerja, kantor-kantor dan bisnis eceran kecil di banyak kota besar dan kecil.

Tapi dampak ekonomi yang sesungguhnya baru akan diketahui tiga bulan lagi, ketika angka-angka statisitik kuartal kedua diumumkan, karena akibat pengangguran buruh dan pegawai baru terjadi bulan April ini.

Sedikitnya 26 juta pekerja Amerika telah kehilangan pekerjaan dan kini mereka sedang antri minta tunjangan pengangguran dari pemerintah.

Pakar-pakar ekonomi memperkirakan, penurunan perekonomian pada kuartal kedua nanti mungkin akan mencapai 30 persen.

Bank Sentral Amerika yang telah memangkas tingkat sukubunga sampai hamper nol persen, mengadakan pertemuan di Washington hari Rabu untuk membahas masalah ekonomi ini.

 

KEYWORD :

Virus Corona Amerika Serikat Ekonomi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :