Kamis, 21/01/2021 05:02 WIB

Riset Terapan Akan Diintegrasikan ke Aplikasi Recon

Nizam mengatakan, riset-riset terapan berbasis aplikasi di perguruan tinggi akan diintegrasikan dengan aplikasi Relawan Covid-19 Nasional (Recon).

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud Nizam

Jakarta, Jurnas.com - Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Nizam mengatakan, riset-riset terapan berbasis aplikasi di perguruan tinggi akan diintegrasikan dengan aplikasi Relawan Covid-19 Nasional (Recon).

"Sedang dikembangkan juga inovasi aplikasi deteksi virus corona yang dapat dideteksi oleh mesin cerdas apakah hasilnya positif atau negatif," terang Nizam dalam keterangannya pada Kamis (30/4).

Nizam menjelaskan bahwa Recon digunakan masyarakat untuk melakukan asesmen mandiri terkait Covid-19. Aplikasi ini hasil dari gotong royong para relawan, stakeholder kesehatan, dan juga tim IT Ditjen Dikti.

"Dengan Recon kita perluas secara nasional pendampingan relawan, sehingga jangkauannya lebih luas dan relawan bisa menghubungi melalui media telekomunikasi, sehingga membantu masyarakat lebih mudah. Publik bisa gunakan layanan ini tanpa membayar," jelas dia.

Keunggulan RECON, lanjut Nizam, ialah di ujung asesmen mandiri dapat berkomunikasi dengan relawan mahasiswa untuk diskusi, dan diberikan saran atau informasi penting lainnya.

Sementara itu Aris Junaidi mengatakan bahwa tugas para relawan sebagian besar untuk Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE), dan melakukan pendampingan secara daring.

"Di Recon ada kategori-kategori, relawan memberikan imbauan kepada keluarga, screening melalui Recon, dan sudah punya kategori dari 1-5, ada alur teknisnya. Monevnya dilakukan melalui aplikasi RECON, misalnya pada kategori tidak berisiko pasiennya, relawan pendamping hanya memberikan saran isolasi mandiri," terang Aris.

"Para relawan ini tidak membuat panik, tapi menenangkan. Saat ini juga sedang dikembangkan memakai nomor khusus dari kemdikbud, sehingga privasi pasien dan case manager terjamin," tandas dia.

TAGS : Aplikasi Recon Nizam Kemdikbud Relawan Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :