Kamis, 25/04/2024 16:48 WIB

AHY Instruksikan Kader Demokrat Lakukan Gerakan Nasional Peduli dan Berbagi

Ketum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menginstruksikan seluruh kader partai demokrat untuk melakukan kegiatan gerakan Nasional partai demokrat peduli dan berbagi. Instruksi ini merupakan lanjutan dari Instruksi Gerakan Nasional `Demokrat Lawan Corona` dan utamakan keselamatan diri.

"Di tengah suasana Ramadhan yang penuh berkah ini, mari kita wujudkan spirit Islam Rahmatan lil Alamin dengan sikap dan laku politik yang nasionalis dan religius kepada semua pihak, termasuk saudara-saudara umat agama lainnya," kata AHY melalui keterangannya, Minggu (26/04/2020).

"Esensinya, meskipun berbeda agama, tetapi harus menjunjung tinggi nilai persaudaraan sebagai sesama warga negara, ukhuwah wathaniyah, dan juga persaudaran dalam kemanusiaan, ukhuwah insaniyah," imbuh AHY.

Selain itu, Putra Mantan Presiden RI dua periode ini juga meminta para kader partai demokrat mengidentifikasi kelompok masyarakat yang terdampak Wabah Covid-19 secara sosial dan ekonomi, termasuk anak-anak yatim piatu, masyarakat kurang mampu, lansia, dan kelompok disabilitas, terutama yang belum mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah setempat.

"Hal ini ditujukan untuk memudahkan pendistribusian bantuan sosial secara cepat dan tepat sasaran," ujar AHY.

Kemudian, AHY juga menginstruksikan seluruh Kader partai demokrat untuk melakukan pengumpulan dana secara swadaya dan kebutuhan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) sesuai kemampuan masing- masing.

"Jenis dan variasi bantuan sembako disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan di daerah masing-masing, dan pendistribusiannya dilakukan secara adil dan merata sesuai dengan hasil pemetaan kelompok masyarakat sebelumnya," ujar AHY.

Tidak lupa AHY meminta para kader tetap mengutamakan keselamatan diri saat melaksanakan kegiatan Gerakan Nasional Demokrat Peduli dan Berbagi.

"Lakukan jaga jarak paling aman dua meter dengan orang lain, physical distancing, pakai masker dan sering mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer," tegasnya.

Khusus kepada Ketua Fraksi PD DPR-RI, Ketua Fraksi PD DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, AHY meminta agar membantu pemerintah untuk melakukan dua hal.

Pertama, melakukan realokasi anggaran dan prioritas pembiayaan yang diperlukan untuk membantu kelompok masyarakat yang terdampak dan mendorong pemulihan perekonomian negara.

Kedua, mengawasi penggunaan anggaran dan pendistribusian bantuan pemerintah pusat dan daerah agar tepat sasaran, transparan dan akuntabel, sesuai prinsip-prinsip pengelolaan keuangan negara, undang-undang dan peraturan yang berlaku.

"Terima kasih kepada seluruh pengurus, kader, simpatisan, dan relawan, yang telah bersatu dan saling membantu, mengerahkan segenap sumber daya yang kita miliki untuk melawan wabah Corona ini dan memulihkan perekonomian kita," kata AHY.

Saat melaksanakan 9 (sembilan) Instruksi itu, AHY juga meminta kader untuk melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab, dengan tetap menjaga kekhidmatan ibadah selama Bulan Suci Ramadhan 1441 H.

KEYWORD :

AHY Demokrat Corona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :