Kamis, 25/04/2024 15:37 WIB

Liga Belanda Terhenti, Ajax Gigit Jari Gagal Juara

Ajax akan bersaing di Liga Champions musim depan, mengambil salah satu dari dua tempat untuk Belanda di kompetisi sementara AZ Alkmaar akan mulai di babak penyisihan.

Selebrasi para pemain Ajax usai menjebol gawang Valencia (foto: Marca)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah Belanda memperpanjang larangan acara publik besar tiga hari pada hari Selasa, yang mengarah ke pembatalan musim liga Belanda.

Ajax yang berada di puncak klasemen dengan 56 poin bersama AZ Alkmaar gagal juara. Sementara Feyenoord enam poin di bawah pemuncak klasemen dengan sembilan pertandingan tersisa.

Pernyataan Asosiasi Sepak Bola Belanda berbunyi bahwa tak mungkin memainkan sisa pertandingan musim 2019-2020 dengan adanya keputusan tersebut.

"Keputusan yang dibuat hari ini tentang penyelesaian kompetisi yang berjalan hanyalah masalah sepak bola dalam perspektif apa yang menyebabkan virus corona dalam masyarakat," bunyi pernyataan Asosiasi dilansir ESPN, Sabtu (25/04).

"Namun demikian, dewan sepakbola profesional sadar bahwa keputusan hari ini akan menyebabkan kekecewaan besar dalam sepakbola bagi sebagian orang," tambahnya.

Manajer Ajax Edwin van der Sar mengatakan dia memahami keputusan untuk tidak memberikan juara liga untuk pertama kalinya sejak 1945.

"Sebagai pemain dan pelatih, Anda ingin memenangkan gelar di lapangan," kata Van der Sar, mantan tim nasional Belanda dan kiper Manchester United.

"Kami berada di puncak klasemen sepanjang musim, jadi sangat disayangkan kami belum bisa menjadi juara, tetapi mengingat situasi kami saat ini, itu bisa dimengerti," tambahnya.

"Ada banyak hal yang lebih penting daripada sepakbola saat ini."

Ajax akan bersaing di Liga Champions musim depan, mengambil salah satu dari dua tempat untuk Belanda di kompetisi sementara AZ Alkmaar akan mulai di babak penyisihan.

Feyenoord, PSV Eindhoven dan Willem II Tilburg, yang merupakan tiga berikutnya dalam klasemen, akan berpartisipasi di Liga Eropa, dengan KNVB mengatakan mereka mengikuti pedoman UEFA yang dikeluarkan awal pekan ini.

KEYWORD :

Liga Belanda Virus Klub Ajax




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :