Kamis, 18/04/2024 23:04 WIB

Sering Jadi Lalapan Pecel Lele, Ternyata Ini Manfaat Daun Kemangi

Air rebusan daun kemangi dapat berfungsi sebagai ekspektoran yang membantu mengencerkan lendir.

Daun kemangi

Jakarta, Jurnas.com - Selain nikmat disajikan sebagai lalapan pecel lele, kemangi ternyata memiliki segudang manfaat dan khasiat. Kandungan nutrisinya terbilang cukup lengkap.

Selain diketahui kaya dengan kalori, protein dan karbohidrat, daun kemangi kaya dengan mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A, B, dan vitamin C, disamping memiliki kandungan lemak rendah.

Menariknya lagi, daun kemangi kaya kandungan zat antioksidan dan anti bakteri yang sangat berguna menjaga kesehatan maupun menangkal sejumlah penyakit.

Konsumsi daun kemangi membantu mencegah degradasi kognitif atau menurunnya kemampuan otak. Kemangi mengandung mineral seperti mangan, yang dapat meningkatkan aktivitas pemancar elektronik di otak.

Tidak sampai di situ, daun kemangi juga mengandung tembaga, yang dapat membantu merangsang pikiran serta meningkatkan fungsinya.

Peneliti Tanaman Obat di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Cheppy Syukur mengatakan, daun kemangi juga mengandung antioksidan.

"Antioksidan dalam herbal akan membantu mengurangi efek dari sel radikal bebas dan mencegah tubuh dan pikiran dari stres oksidatif yang bertahan lama," kata Cheppy dalam keterangan tertulis yang diterima Kamis (23/4).

Cheppy menambahkan, daun kemangi berkhasiat memelihara kesehatan jantung. “Daun kemangi kaya akan beta-karoten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung," katanya.

Selain itu, air rebusan daun kemangi dapat berfungsi sebagai ekspektoran yang membantu mengencerkan lendir.

"Kemangi juga dapat mengencerkan dahak sehingga dapat dengan mudah dikeluarkan dari paru-paru, atau sebagai ekspektoran dalam mengencerkan lendir penderita bronkitis dan asma, juga berkhasiat dalam meredakan dan mengatasi sakit batuk dan flu," tambahnya.

Seperti namanya, daun kemangi yang memilki aroma harum khas ini juga dapat dipakai untuk mengharumkan nafas, juga ampuh untuk meredakan peradangan dan sakit pada tenggorokan.

Minyak atsirinya pun juga bermanfaat sebagai anti mikroba terhadap berbagai bakteri, ragi, dan jamur. "Sehingga dapat melakukan perlindungan terhadap jamur candida dan berbagai bentuk iritasi kulit," ujar Cheppy.

Selain dalam bentuk segar, daun kemangi dapat dikonsumsi sebagai minuman herbal. Cukup rebus tiga gelas air dengan tujuh hingga sembilan helai daun kemangi, lalu tambahkan tiga lembar daun sirih merah, serta jahe dan madu untuk penambah rasa.

"Setelah matang kemudian disaring lalu minum airnya selagi hangat secara teratur dan rasakan manfaat daun kemangi dalam meredakan sakit batuk dan flu," pangkas Cheppy.

KEYWORD :

Obat Herbal Daun Kemangi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :