Kamis, 25/04/2024 00:52 WIB

Puspiptek Sediakan Kamar untuk Tenaga Medis Covid-19

Wisma Puspiptek menyediakan 93 kamar tidur tipe deluxe dan superior sebagai tempat peristirahatan 24 jam, bagi para tenaga medis dari rumah sakit yang ditunjuk Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany untuk menangani Covid-19.

Menristek/BRIN Bambang Brodjonegoro (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com – Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) menyediakan fasilitas Wisma Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Tangerang Selatan, bagi para tenaga medis yang berperan menanggulangi Covid-19.

Menristek/BRIN, Bambang PS Brodjonegoro yang menyambut langsung kedatangan tim medis Covid-19 berharap fasilitas Wisma Puspiptek bisa menjadi tempat istirahat yang nyaman dari segi tempat, maupun penyediaan kebutuhan dasar makan minum dengan gizi baik, untuk pemulihan tenaga para tenaga medis di Tangsel.

"Faktor kesehatan dan kebugaran para tenaga kesehatan akan sangat penting dalam penanggulangan Pandemi Covid-19," kata Menristek/BRIN dalam keterangannya pada Jumat (24/4).

Wisma Puspiptek menyediakan 93 kamar tidur tipe deluxe dan superior sebagai tempat peristirahatan 24 jam, bagi para tenaga medis dari rumah sakit yang ditunjuk Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany untuk menangani Covid-19.

Konsumsi dan alat penunjang dekontaminasi virus juga disediakan bagi sekitar 185 tenaga medis tersebut. Semua fasilitas ini dapat dimanfaatkan para tenaga medis selama masa tanggap darurat berlangsung.

Sementara Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany bersama Kepala Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Sri Setiawati turut meninjau dan menerima perwakilan para tenaga medis Covid-19 Tangsel.

Alih fungsi fasilitas Wisma Puspiptek sebagai tempat peristirahatan tenaga kesehatan ini merupakan salah satu bagian dari program Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek/BRIN untuk membantu mencegah, mendeteksi, dan merespon secara cepat Covid-19.

Diketahui, Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemristek/BRIN fokus pada riset dan inovasi sediaan bahan (ekstrak empon-empon, jambu biji, kulit jeruk), litbang vaksin, suplemen, alat pelindung diri (face shield, powered air purifying respirator, hazmat suit berbahan nanosilver), hand sanitizer, chamber disinfectant berbasis ozon, mobile hand washer, multicenter clinical trial (Avigan, Chloroquine Phospate, Tamiflu, Ivemercitin, Convalescene, dan pil kina), serum plasma darah dari kasus sembuh, Mysencheme stem cell, early and late detection rapid test, dan portable ventilator.

KEYWORD :

Puspiptek Kemristek/BRIN Bambang Brodjonegoro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :