Jum'at, 26/04/2024 13:03 WIB

PDI Perjuangan Sebarkan Inspirasi dan Optimisme Ajaran RA Kartini

Dengan semangat yang sama, bangsa Indonesia terus kedepankan gotong royong mematuhi seluruh protokol pencegahan Covid-19.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Jakarta, Jurnas.com - PDI Perjuangan menyampaikan betapa besarnya peran Raden Ajeng (RA) Kartini dalam menginspirasi perjuangan dan optimisme perempuan Indonesia.

"PDI Perjuangan mengucapkan selamat Hari Kartini. RA Kartini bukan hanya pemimpin pelopor, pejuang emansipasi perempuan. Dalam seluruh tulisan RA Kartini, bangsa Indonesia bisa belajar semangat optimisme, membangun harapan, dan semangat untuk melihat terang dibalik kegelapan sebagaimana terjadi akhir-akhir ini dengan pandemik Covid-19," ujar Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Selasa (21/4/2020).

Hasto mengungkapkan kembali salah satu tulisan RA Kartini pada tanggal 28 Juli 1902 kepada Ny Abendanon, “Tetapi tiada awan di langit yang tetap selamanya, demikian pun tiada mungkin akan terus menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita, kerap kali lahirlah pagi yang seindah-indahnya. Dan itulah jadi pelipur hati saya. Kehidupan manusia itu sama betul dengan keadaan alam. Yang tiap-tiap hari harus kita doakan kepada Tuhan: kekuatan!”

Kata Hasto, tulisan itu menjadi suatu pesan yang menyadari adanya “kegelapan” akibat adat dan berbagai belenggu pemikiran kolot, namun penuh harapan untuk melihat terang.

Hasto juga menyebut PDI Perjuangan dengan semangat Jangan Sekali-kali meninggalkan Sejarah (JasMerah) terus menjadikan pemikiran para pejuang bangsa sebagai motivasi dan energi juang.

Terlebih dalam situasi saat ini dimana gotong royong nasional sangatlah diperlukan. Seluruh anak bangsa harus berjuang, bahu-membahu, berdedikasi bagi bangsa dan negara, dan melakukan segala hal yang perlu untuk mencegah penularan virus Covid-19.

"Kita perlu mencegah penularan virus Corona dengan tinggal di rumah, hidup bersih, pakai masker, jaga jarak 2m, serta saling membantu sesama saudara kita, atau para tetangga kita dengan hidup saling tolong menolong. Pesan Bung Karno, di dalam mengabdi pada bangsa dan negara, tidak pernah ada perjuangan yang sia-sia," jelas Hasto.

Hasto atas nama PDI Perjuangan berharap, semoga dengan semangat yang sama, bangsa Indonesia terus kedepankan gotong royong mematuhi seluruh protokol pencegahan Covid-19.

KEYWORD :

RA Kartini Covid-19 Hasto Kristiyanto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :