Jum'at, 07/08/2020 16:45 WIB

Jelang Ramadan, Wamenag Anjurkan Perbanyak Amalan Sunah

Adapun khusus untuk mengeluarkan zakat harta (mal) di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19), Wamenag menganjurkan supaya disegerakan sepanjang sudah memenuhi nisabnya.

Wakil Menteri Agama sekaligus Waketum MUI Zainut Tauhid

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa`adi menganjurkan umat Islam mulai melatih diri dengan amalan-amalan sunah, jelang memasuki bulan suci Ramadan.

"Misalnya berpuasa, membaca Alquran, memperbanyak sedekah dan zakat mal," kata Zainut dalam keterangan yang diterima Jurnas.com pada Sabtu (18/4).

Adapun khusus untuk mengeluarkan zakat harta (mal) di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19), Wamenag menganjurkan supaya disegerakan sepanjang sudah memenuhi nisabnya.

Hal ini menurut dia sangat membantu saudara Muslim yang saat ini terdampak pandemi Covid-19, karena penghasilannya berkurang.

"Begitu juga dengan zakat fitrah sebaiknya dibayarkan pada awal Ramadan, dan tidak harus menunggu sampai akhir Ramadan," terang dia.

Selain melakukan amalan sunah, jelang Ramadan Zainut juga mengajak masyarakat menata niat, melaksanakan ziarah ke makam, serta bersilaturahmi kepada orang tua, saudara, dan kerabat.

"Hal ini penting dilakukan agar kita memasuki bulan puasa dengan hati yang bersih, tenang, dan penuh keihlasan dan kekhusu`an, semata ingin mengharapkan ridlo dari Allah SWT," ujar Zainut.

Namun mengingat pandemi Covid-19 diperkirakan belum mereda pada Ramadan ini, maka kegiatan ziarah kubur sebaiknya ditiadakan, dan diganti dengan berdoa dari rumah masing-masing.

"Begitu juga dengan kegiatan silaturahmi dan saling meminta maaf bisa dilakukan melalui media sosial atau media daring mengingat masih ada kebijakan untuk physical distancing dan PSBB," tandas Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut.

TAGS : Amalan Sunah Wamenag Zainut Tauhid Bulan Ramadan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :