Jum'at, 19/04/2024 20:18 WIB

Kebijakan Baru Dana BOS Dinilai Untungkan Stafsus Jokowi

Kebijakan terbaru penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di masa darurat virus corona (Covid-19), dinilai menguntungkan staf khusus (stafsus) milenial Presiden RI Joko Widodo.

Praktisi pendidikan Indra Charismiadji (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Kebijakan terbaru penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di masa darurat virus corona (Covid-19), dinilai menguntungkan staf khusus (stafsus) milenial Presiden RI Joko Widodo.

Pasalnya, dalam Permendikbud Nomor 19 Tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, Dana BOS boleh digunakan untuk berlangganan bimbingan belajar (bimbel) daring.

Sementara sebagaimana diketahui, Adamas Belva Syah Devara yang saat ini mengisi posisi stafsus Presiden Jokowi, masih menjabat sebagai CEO bimbel daring ternama Indonesia, Ruang Guru.

"Katanya gratis, kok jadi ajang jualan produk stafsus ya kondisi bencana seperti ini? Apa tidak punya empati," kata praktisi pendidikan dari Center of Education Regulations and Development Analysis (CERDAS), Indra Charismiadji saat dihubungi Jurnas.com pada Kamis (16/4).

"Musibah dijadikan bancanakan para startup istana," imbuh Indra.

Indra mengatakan, sebelum mengeluarkan Permendikbud tersebut, Nadiem seharusnya memberikan panduan kepada guru dan orang tua, mengenai bagaimana membuat pembelajaran daring yang efektif.

Nadiem, kata Indra, dapat memanfaatkan TVRI yang saat ini diplot sebagai media pembelajaran alternatif di tengah kebijakan Belajar dari Rumah, untuk memberi kesempatan bagi guru dan orang tua dapat berkonsultasi secara langsung.

"Baru dananya diarahkan sesuai dengan panduan," ujar dia.

"Masa pasif aja makan uang rakyat," sambung Indra.

Indra menilai TVRI sebagai media pembelajaran sudah tidak cocok dengan semangat anak-anak saat ini. Karenanya, dia menawarkan stasiun pelat merah tersebut agar dimanfaatkan sebagai platform untuk membimbing guru dan orang tua.

"Udah enggak cocok lah sama anak-anak sekarang. Emang generasi tahun 80-an? Pakai TVRI buat membimbing orang tua dan guru dan proses belajar mengajar daring ini. Bagaiaman yang efektif, efisien, dan apa tips dan triknya," tutur dia.

KEYWORD :

Dana BOS Stafsus Milenial Joko Widodo Indra Charismiadji




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :