Sabtu, 27/04/2024 10:28 WIB

Jika Ditunda, Kemungkinan PON XX Bakal Digelar Oktober 2021

Menpora RI, Zainudin Amali

Jakarta, Jurnas.com - Penyelenggaraan PON XX di Papua yang direncakan akan digelar pada Oktober-November 2020 kini berpotensi diundur akibat merebaknya Virus Corona (Covid-19).

Berbagai pihak pun telah mengusulkan agar pelaksanaan PON 2020 di Papua ditunda dan diganti menjadi bulan Oktober tahun 2021 lantaran kondisi Pandemi Covid-19.

Menurut Menpora, pelaksanaan PON XX bergeser ke bulan Oktober 2021, lantaran pada bulan-bulan lainnya sudah diisi dengan berbagai kegiatan yang tak kalah pentingnya.

Kendati demikian, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menegaskan, nasib pelaksanaan PON 2020 di Papua tersebut baru akan didapat kepastian setelah pihaknya melakukan rapat terbatas dengan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

"Mengenai waktu yang pas untuk penudaan PON yang muncul bulan Oktober 2021 tersebut itu adalah usulan dari KONI Pusat, KONI Daerah. Sebenarnya ada usulan juga dilakukan bulan Maret, tetapi kemudaian ada pertimbangan bahwa bulan Maret itu anggaran di daerah belum semuanya keluar," kata Menpora dalam konferensi pers, Rabu (15/4/2020)

Sementara, pada bulan Mei - Juni sudah ada gelaran Piala Dunia. Selanjutnya pada Agustus juga ada gelaran Olimpiade 2021.

"Kemudian September kalau jadi kita ada kegiatan besar yakni peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2021, November sudah ada SEA Games Vietnam, dan Akhir tahun juga ada Moto GP," kata Menpora.

"Jadi itu adalah hasil diskusi bersama KONI Pusat, KONI Daerah termasuk PB PON sendiri yang sudah mengirimkan surat langsung. Tetapi bulan Oktober tersebut juga tergantung dari kondisi Covid-19 tersebut apakah udah selesai apa belum, kalau memang belum berarti kita juga belum bisa. Yang penting kita mempersiapkan itu semuanya dengan baik," tambahnya. 

Menpora juga meminta kepada masyarakat dan stakeholder olahraga Indonesia untuk bersabar terlebih dahulu mengenai waktu penundaan PON 2020.

"Insyaallah dalam waktu dekat ini akan secepatnya ada keputusan terkait waktu penundaan PON 2020 Papua nanti. Jadi semuanya saya harap bersabar," kata Menpora.

KEYWORD :

PON XX Menpora




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :