Minggu, 12/07/2020 03:52 WIB

25 Negara Dapat Keringanan Utang dari IMF

Sekitar US$215 juta akan digunakan untuk hibah ke 25 negara pertama selama enam bulan ke depan, dengan perpanjangan yang diperkirakan hingga dua tahun ke depan.

International Monetary Fund (IMF)

Washington, Jurnas.com - Dana Moneter Internasional (IMF) akan segera memberikan keringanan utang kepada 25 negara anggota di bawah naungan Catastrope Containment and Relief Trust (CCRT), guna memusatkan sumber daya keuangan untuk memerangi pandemi virus corona.

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengatakan, dewan eksekutif IMF menyetujui keputusan tersebut pada Senin (13/4) kemarin, di mana negara-negara tahap pertama akan menerima hibah untuk menutupi kewajiban layanan utang mereka dengan dana selama enam bulan awal.

Dia mengatakan CCRT memiliki sekitar US$500 juta sumber daya keuangan, termasuk janji US$185 juta dari Inggris, US$100 juta dari Jepang, dan jumlah yang tidak diungkapkan dari China, dan Belanda.

Dana tersebut, dikutip dari Reuters pada Selasa (14/4), akan diupayakan untuk ditingkatkan jumlahnya menjadi US$1,4 miliar.

Sekitar US$215 juta akan digunakan untuk hibah ke 25 negara pertama selama enam bulan ke depan, dengan perpanjangan yang diperkirakan hingga dua tahun ke depan.

"Ini memberikan hibah kepada anggota kami yang paling miskin dan paling rentan untuk menutupi kewajiban utang IMF mereka untuk fase awal selama enam bulan ke depan dan akan membantu mereka menyalurkan lebih banyak sumber daya keuangan mereka yang langka ke arah upaya darurat medis yang penting dan upaya bantuan lainnya," kata Georgieva dalam sebuah pernyataan.

Dia mendesak negara-negara donor lain untuk membantu mengisi kembali CCRT dan meningkatkan kemampuan dana untuk memberikan bantuan layanan utang tambahan selama dua tahun penuh, untuk negara-negara anggota termiskin.

Eric LeCompte, direktur eksekutif Jubilee USA Network, sebuah kelompok nirlaba, mengatakan hibah itu akan membantu anggota termiskin IMF, termasuk Republik Afrika Tengah, yang hanya memiliki tiga tempat tidur unit perawatan kritis untuk populasi 5 juta.

"Ini adalah awal yang baik, tetapi kami membutuhkan lebih banyak donor untuk dapat menawarkan bantuan ini," katanya, seraya menambahkan bahwa IMF juga harus mempertimbangkan menjual sebagian cadangan emasnya, yang sekarang bernilai sekitar US$140 miliar.

Diketahui, negara tahap pertama yang akan menerima bantuan layanan utang dari CCRT adalah Afghanistan, Benin, Burkina Faso, Republik Afrika Tengah, Chad, Komoro, Republik Demokratik Kongo, Gambia, Guinea, Guinea-Bissau, Haiti, Liberia, Madagaskar, Malawi, Mali, Mozambik, Nepal, Niger, Rwanda, São Tomé dan Príncipe, Sierra Leone, Kepulauan Solomon, Tajikistan, Togo dan Yaman.

TAGS : IMF Dana Moneter Internasional Keringanan Utang Virus Corona




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :