Jum'at, 19/04/2024 04:41 WIB

PKB Kirim Bantuan untuk TKI yang Kesulitan Akibat Lockdown di Malaysia

Kita sudah kirim bantuan dalam bentuk uang tunai kepada 100 buruh harian lepas

Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia menerima bantuan dari PKB menghadapi lock down di Malaysia.

Jakarta, Jurnas.com - Kondisi Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia sangat memprihatinkan, menyusul keputusan lockdown oleh pemerintah Negeri Jiran sejak 18 Maret (yang diperpanjang hingga 14 April 2020).

Kebijakan lockdown akibat pandemi Covid-19 itu membuat hampir seluruh perusahaan yang mempekerjakan TKI di Malaysia berhenti beroperasi. Akibatnya, para TKI/PMI kesulitan untuk sekedar makan serta memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kondisi ini membuat Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar prihatin. Ia pun langsung meminta agar bala bantuan segera diberikan.

Ketua DPP PKB Bidang Ketenagakerjaan dan Migran, Dita Indah Sari mengatakan instruksi dari Cak Imin kemudian direspon dengan langsung melakukan pendataan, lantas mengirimkan bantuan kepada para TKI di Malaysia.

"Kita sudah kirim bantuan dalam bentuk uang tunai kepada 100 buruh harian lepas di sektor konstruksi di Senai, Johor," Dita Indah Sari di Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Dita yang juga mantan aktivis 1998 menuturkan, bantuan ini sangat dibutuhkan karena para PMI/TKI saat ini tinggal di mess milik perusahaan, dan mereka kesulitan memenuhi kebutuhan makan sehari-hari lantaran tak ada penghasilan.

"Semula Cak Imin berniat mengirimi sembako, supaya bisa masak bareng di mess. Namun karena situasi lockdown, maka ada hambatan soal pengiriman barang. Atas permintaan mereka, maka kami kirimkan uang tunai sebesar Rp 50 juta secara bertahap," tutur Dita.

Dalam pengiriminan bantuan itu, jelas Dita, pihaknya menggunakan sistem transfer bank dan uang didistribusikan kepada TKI melalui kelompok-kelompok kerja yang sudah didata.

"Untungnya ada bank di sana yang masih buka. Kami sudah mendata kelompok-kelompok TKI lainnya, terutama di kebun-kebun kelapa sawit. Segera kami kirimkan bantuan juga," lanjut Dita.

Ia juga mengatakan bantuan itu telah diterima oleh perwakilan PKB Malaysia, dan telah diserahkan kepada para TKI/PMI yang membutuhkan.

"Ini bentuk kepedulian PKB. Cak Imin pernah lima tahun jadi Menaker. Jadi bisa paham sulitnya mereka dalam kondisi semacam ini. Semoga bisa sedikit meringankan. Setiap laporan yang masuk akan kami tindak lanjuti dengan pengiriman bantuan," tutup Dita Indah Sari.

KEYWORD :

Dita Indah Sari PKB Pekerja Migran Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :