Rabu, 12/08/2020 11:00 WIB

Komisi VI DPR RI Dorong Pemerintah Jajaki Kerjasama Bilateral dengan Banyak Negara

Kapoksi Komisi VI DPR RI Fraksi PKB, Nasim Khan

Jakarta, Jurnas.com - Wabah virus corona (Covid-19) yang dinyatakan sebagai pandemi global telah mengganggu dan memporak-porandakan perekonomian indonesia.

Pasalnya, virus itu telah menyebabkan lalu lintas perdagangan internasional terhambat dan pasokan menjadi menipis.

Hal tersebut terjadi karena kegiatan ekspor-impor tersendat, sebab, negara - negara terdampak corona mulai membatasi ekspor dan Impor produknya dari dan ke Indonesia.

Untuk mengatasi hal itu, Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) di Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKB, Nasim Khan mendorong pemerintah untuk menjajaki kerjasama bilateral dengan berbagai negara di seluruh dunia.

Hal ini dilakukan agar Indonesia tidak terlalu bergantung dengan negara - negara tertentu saja yang sudah menjalin kerjasama terlebih dahulu.

"Selama ini kita hanya membuka hubungan dengan negara luar yang terbatas, jangan terpaku pada beberapa negara saja," ungkap Bang NK, sapaan akrab Nasim Khan, kepada wartawan, Senin (06/04/2020).

Wakil bendahara umum DPP PKB ini menerangkan, kerjasama itu bisa menjadi alternatif ketika negara - negara yang sudah melakukan kerjasama dengan indonesia mengalami kendala, seperti kelangkaan barang, lonjakan harga, negara tersebut sedang berperang atau kendala teknis lainnya.

"Nah, ini penting, ke depan kita harus bisa membuka segala hubungan keluar, baik ekport import," katanya.

TAGS : Nasim Khan Bilateral Perdagangan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :