Jum'at, 19/04/2024 19:57 WIB

Serie A Diperpanjang hingga Oktober

Demikian keterangan Ketua Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina, pada Minggu (5/4).

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo menjebol gawang AC Milan (foto: Soccerway)

Roma, Jurnas.com - Musim Serie A diperkirakan bakal diperpanjang hingga September atau Oktober. Demikian keterangan Ketua Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina, pada Minggu (5/4).

Diketahui, Serie A telah ditangguhkan sejak 9 Maret karena pandemi virus corona baru (Covid-19) yang telah merenggut 15.887 jiwa di Italia, hampir seperempat dari total kematian global. Sejumlah presiden klub menyarankan musim ini harus dibatalkan.

"Satu-satunya cara serius untuk menangani keadaan darurat serius semacam ini adalah menyelesaikan kompetisi musim 2019-2020 tahun ini," kata Gravina dilansir dari Reuters pada Senin (6/4).

"Kami sedang mengerjakan serangkaian solusi yang mungkin untuk mengelola situasi dengan cara sebaik mungkin," imbuh dia.

"Bisakah itu selesai pada bulan September Oktober? Itu adalah satu hipotesis. Ini adalah cara untuk menghindari bahaya tidak hanya musim 2019-20 tetapi juga musim 2020-21."

Gravina menjelaskan bahwa jika musim saat ini ditinggalkan, sepak bola Italia dapat menderita "longsoran litigasi yang mana kita akan dikenakan oleh semua orang yang dapat dianggap rusak dalam hak dan kepentingan mereka."

Ini bisa termasuk tim-tim yang terdegradasi dan mereka yang absen di sepakbola Eropa musim depan.

Dia menambahkan, "Kami benar-benar akan mengambil risiko kejuaraan yang terjadi hanya di ruang sidang."

Kamis lalu, UEFA meminta liga-liga di seluruh Eropa untuk menyelesaikan musim mereka begitu sepakbola bisa dimulai kembali.

Badan pemerintahan Eropa menambahkan bahwa jika liga dibatalkan, klub-klubnya mungkin tidak akan diterima ke Liga Champions dan Liga Eropa musim depan.

Gravina menambahkan bahwa 17 Mei dipertimbangkan sebagai tanggal yang memungkinkan untuk memulai kembali, tetapi menekankan bahwa ini hanyalah "sebuah hipotesis".

KEYWORD :

Serie A Liga Italia Virus Corona Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :