Jum'at, 05/06/2020 03:44 WIB

Potensi Sorgum untuk Pembuatan Hand Sanitizer

Pemanfaatan etanol sorgum ini dapat dijadikan solusi dalam mengatasi kelangkaan dan mahalnya harga etanol saat pandemi Covid-19.

Manfaat sorgum untuk pembuatan hand sanitizer. (Foto: Kementan)

Jakarta, Jurnas.com - Sorgum adalah tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku bioetanol. Etanol sorgum dapat dimanfaatkan menjadi hand sanitizer di tengah pandemi virus corona (COVID-19).

Pemanfaatan etanol sorgum ini dapat dijadikan sebagai solusi dalam mengatasi kelangkaan dan mahalnya harga etanol di pasaran saat COVID-19.

"Nira sorgum selain diolah menjadi gula, juga dapat difermentasi menjadi etanol," ujar Kepala Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian Balitbangtan, Mastur di Bogor, Kamis (2/4).

Guna mendukung ketersediaan pangan, pakan dan etanol sekaligus meningkatkan pendapatan petani, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) terus mengembangkan komoditas ini dalam bentuk ketersediaan benih, transfer teknologi budi daya, maupun pascapanen.

"Tanaman sorgum dapat bertahan dalam ketersediaan air yang sedikit, sehingga cocok dikembangkan di daerah beriklim kering seperti di Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Jawa dan daerah-daerah lain di Indonesia," jelas Mastur.

"Dengan adanya COVID-19 di berbagai negara, maka penanaman sorgum diberbagai pelosok itu sangat penting. Tanaman ini juga dapat diratun sehingga tidak banyak memerlukan tenaga kerja. Dengan cara ini diharapkan dampak corona dapat ditekan seminimal mungkin," tambahnya.

Balitbangtan sudah melepas sejumlah varietas unggul baru (VUB) sorgum seperti Sorgum Bioguma 1, Bioguma 2 dan Bioguma 3. Ketiga VUB ini memiliki karakteristik produktivitas mencapai sembilan ton per hektare, produksi biomasa mencapai 50 ton per hektare, serta kandungan kadar gula dan brix mencapai 15%.

Sorgum merupakan makanan pokok penting di beberapa negara Asia dan Afrika. Tanaman ini mengandung protein sekitar 10 % atau lebih, mengandung serat tidak larut air atau serat kasar 6,5-7,9%, serat pangan sebesar 1,1-1,23%, serta kandungan pati sebesar 80%.

TAGS : Etanol Sorgum Virus Corona Pandemi Global Hand Sanitizer




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :