Jum'at, 29/05/2020 01:31 WIB

Pemerintah Tengah Bersiap Cairkan Dana Desa

Untuk mendukung perekonomian Indonesia di daerah, pemerintah pun mempersiapkan pencairan dana desa.

Presiden Joko Widodo

Jakarta, Jurnas.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggelar Rapat bertemakan Antisipasi Mudik melalui teleconference di Istana Bogor, Kamis (2/4/2020).

Presiden Joko Widodo mengingatkan lagi menteri, kepala daerah hingga kepala desa agar satu visi dan strategi dengan pemerintah pusat dalam menyelesaikan masalah corona.

Presiden Joko Widodo mengatakan, Pemerintah telah mempersiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi mudik agar tidak menjadi ajang penularan virus corona-19.

Untuk mendukung perekonomian Indonesia di daerah, pemerintah pun mempersiapkan pencairan dana desa.

"Dana desa sebagai instrumen Jaring Pengaman Sosial," kata Presiden, Kamis (2/4/2020).

Sebelumnya, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menyatakan tetap akan menjalan program padat karya tunai desa.Di mana, program tersebut bisa menjadi penanganan virus Corona atau Covid-19.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menerbitkan Surat Edaran (SE) nomor 8 tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Desa tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

"Mandat dari surat edaran ini ada dua hal pokok, pertama adalah bagaimana masyarakat tetap menjalankan kegiatan padat karya tunai. Ini merupakan tindak lanjut arah Presiden," kata Gus Menteri, sapaan akrabnya.

TAGS : Dana Desa Joko Widodo Mudik




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :