Senin, 25/05/2020 05:06 WIB

Wow, Donasi Penanganan Covid-19 Capai Rp66,5 Miliar

Pemerintah telah melibatkan lebih dari 5.000 petugas kesehatan, untuk terjun langsung melakukan penyelidikan etimologi, serta merawat pasien positif COVID-19

Virus corona (Foto: Press TV)

Jakarta, Jurnas.com - Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan, jumlah pasien positif corona yang sembuh mengalami peningkatan yang cukup pesat. Data terakhir yang dikeluarkan totalnya telah menyentuh angka 108 orang, atau meningkat 22 orang dari hari sebelumnya.

Di samping itu, tingkat kepedulian masyarakat baik individu maupun kelompok juga terus bertambah. Hingga detik ini, telah terkumpul donasi lebih dari Rp66,5 miliar, yang masuk ke dalam rekening gugus tugas resmi yang ditunjuk pemerintah.

Donasi tersebut rencananya akan digunakan untuk menangani permasalahan COVID-19 secara komprehensif. Dari data yang dijelaskan oleh Yuri, pemerintah telah melibatkan lebih dari 5.000 petugas kesehatan, untuk terjun langsung melakukan penyelidikan etimologi, serta merawat pasien positif COVID-19.

Selain itu, lebih dari 475.200 rapid test kit sudah didistribusikan kepada dinas kesehatan provinsi. Alat ini nantinya akan digunakan sebaga skrining awal dalam rangka memutus mata rantai penularan.

"Kami juga telah mengirimkan lebih dari 6.500 spesimen atau sample ke 34 laboratorium di seluruh indonesia. Sampel itu akan diuji dan kemudian digunakan untuk menentukan diagnosa dari pemeriksaan PCR. Ini tentu memakan energi dan SDM yang cukup banyak, tetapi akan terus dilakukan," ungkap Yuri di Graha BNPB, Selasa (1/4/2020).

"Komitmen ke depan kami akan melangkah lebih agresif lagi. Namun ini juga harus jadi komitmen bersama, karena permasalahan ini adalah permasalahan serius yang harus ditangani secara terintegrasi oleh semua pihak," tandasnya.

TAGS : Achmad Yurianto Virus Corona Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :