Sabtu, 20/04/2024 14:55 WIB

Batang Sorgum Manis Bisa Jadi Bahan Hand Sanitizer

Kegunaan batang sorgum manis sama dengan tebu, karena mengandung kadar gula tinggi, yang dapat menghasilkan etanol melalui proses fermentasi.

Hand sanitizer dari atang sorgum manis. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Sejak mewabahnya virus corona baru (COVID-19), produk hand pembersih tangan mulai langka di pasaran. Hal tersebut dikarenakan permintaan yang cukup tinggi sedangkan produksi dan bahan bakunya mengalami kelangkaan.

Indonesia sebagai negara agraris memiliki beragam komoditas dan hasil pertanian yang mampu menjawab kelangkaan bahan baku etanol sebagai bahan dasar hand sanitizer. Sorgum manis salah satu di antara berbagai komoditas pertanian yang potensial menghasilkan etanol.

Kegunaan batang sorgum manis sama dengan tebu, karena mengandung kadar gula tinggi, yang dapat menghasilkan etanol melalui proses fermentasi. Sorgum dengan kandungan gula pada batang yang tinggi mampu menghasilkan etanol 6.000-7.000 liter per hektare.

Di Indonesia, kemampuan tanaman sorgum menghasilkan etanol berkisar antara 3.000-6.600 liter per hektare.

Peneliti pada Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitsereal), Badan Litbang Pertanian, Marcia Pabendon menyampaikan bahwa untuk mengatasi kelangkaan alkohol jenis etanol, maka masyarakat dapat membuatnya sendiri dari tanaman sorgum.

"Cara membuatnya cukup mudah yaitu memisahkan nira dari batang sorgum dengan cara diperas, kemudian proses fermentasi dan nira dipanaskan pada suhu tinggi dan melalui proses penyulingan akan menjadi alkohol," ujar Marcia.

Kepala Balitsereal, Muhammad Azrai mengatakan pembuatan alkohol jenis etanol dari batang sorgum manis mudah dilakukan, karena dilihat dari sisi teknologi dan keekonomisan sangat mudah dilakukan dalam skala kecil.

Azrai menyampaikan, Badan Litbang Pertanian sudah melepas tiga varietas sorgum manis dengan nama Numbu, Super-1, dan Super-2. Namun hanya dua varietas yang layak dijadikan bahan baku etanol, yaitu Varietas Super-1 dan Super-2, karena kadar gulanya yang cukup tinggi sehingga etanol yang dihasilkan kedua varietas tersebut cukup tinggi.

"Dalam luasan 1 hektare batang sorgum manis Varietas Super-1 dan Super-2 potensi hasilnya mencapai 2.300 liter dengan kadar 90%. Apabila sesuai harga sekarang yang per liternya mencapai Rp90.000, maka petani mendapatkan hasilnya sebesar Rp207 juta," ujar Azrai.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) Haris Syahbuddin menambahkan bahwa langkanya alkohol jenis etanol di pasaran menjadi momentum baik bagi petani sorgum.

"Selain dapat menjual biji sorgumnya, petani juga dapat mengolah batang sorgum manis menjadi alkohol jenis etanol yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat," tutupnya.

Tahapan pembuatan etanol

Batang sorgum segar yang sudah dipotong dimasukkan ke dalam alat pemeras sehingga diperoleh nira. Nira sorgum hasil pemerasan dikentalkan dengan sistem wajan masak tertutup sehingga kadar gulanya meningkat dan siap untuk difermentasi.

Nira sorgum tersebut dicampur dengan biakan ragi, kemudian diaerasi selama 4 jam. Selanjutnya dilakukan proses penyulingan atau destilasi bertingkat hingga menghasilkan etanol dengan konsentrasi 90%.

KEYWORD :

Batang Sorgum Hand Sanitizer Virus Corona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :