Minggu, 05/04/2020 10:46 WIB

Menix, Sarjana yang Kantongi Omset Ratusan Juta dari Hasil Peternakan

Hobi dagang Anak muda berdarah Minang itu pun dilanjutkan waktu kuliah di Bogor, mulai dari usaha jualan kebutuhan mahasiswa baru, usaha travel, laundry dan berjualan ternak dihari raya Qurban.

Menix, pengusaha peternakan yang kantongi ratusan juta (Foto: )

Jakarta, Jurnas.com - Menix, mulai merintis bisnis dibidang peternakan dengan brand iCowindonesia mulai tahun 2016. iCow memberdayakan peternak dalam, mendistribusikan ternak sapi, kerbau, kambing dan domba untuk jasa Qurban dan Aqiqah.

Alumni fakultas peternakan IPB ini memiliki hasrat berbisnis sejak masih kecil. Di umur empat tahun, ia sudah ikut mengembalakan Kerbau dengan neneknya, Sewaktu Sekolah dasar beliau sudah aktif berdagang hasil kebun ke pasar dan berjualan es tebu disekolah.

Hobi dagang Anak muda berdarah Minang itu pun dilanjutkan waktu kuliah di Bogor, mulai dari usaha jualan kebutuhan mahasiswa baru, usaha travel, laundry dan berjualan ternak dihari raya Qurban.

Selain aktif berwirausaha, Menix juga suka bergaul dan aktif organisasi kampus dan ekstra kampus, Anak muda ini pernah menjadi kandidat ketua BEM IPB, WaSekjen PB HMI, ketua Organisasi kedaerahan Sumatera Barat.

Selain itu, ia juga aktif sebagai direktur Indonesia Food Watch (IFW) yang fokus mengkritisi dan memberikan masukan terkait dengan kebijakan pangan di Indonesia.

Pasca dari kampus beliau mencoba peruntungan bekerja di perusahaan swasta, bukan untuk berkarir tapi untuk belajar ilmu aplikasi manajemen perusahaan manajemen dan pemasarannya. Sedikit ilmu yang beliau dapat kemudian diaplikasikan sekarang dibisnis peternakan yang dirintis.

Diawal merintis usaha pernah rugi puluhan juta dan ditipu peternak, namun hal tersebut tidak mengurangi semangat dan ambisinya menjadi pemain besar bisnis ruminansia di Indonesia dan Asia tenggara.

Ia sadar betul bahwa pelaut yang ulung tidak berlayar di ombak yang tenang, pengusaha muda ini terus fokus dan konsisten merintis membesarkan usaha beliau.

Menix bercerita menjadikan sosok Nabi Muhammad SAW sebagai Role model dan panutannya dalam hidup dan berjuang,niat yang lurus semata-mata hidup didunia hanya untuk mencari ridoh Allah SWT.

Tahun 2020 ini melalui program Qurban Nusantara icow ikut mendistribusikan 1000 ekor hewan Qurban Kambing, Domba, sapi dan kerbau. iCow  memberdayakan peternak-perternak lokal diseluruh Indonesia dan memiliki kandang Display diwilayah Bogor, Depok, Banten, Jakarta, Sumbar, Riau, Malang dan Nusatenggara. Pada 2025, iCow menargetkan punya kandang Display mitra diseluruh indonesia.

Sesuai dengan harapan pemerintah d ibawah Kementerian Pertanian (Kementan) untuk meningkatkan ekspor, iCow juga ikut menargetkan ditahun 2022 bisa mengirim 5 ribu ternak kambing, domba dan kerbau untuk memenuhi kebutuhan negara tetangga Malaysia , singapore, Brunei dan Timur tengah dengan potensi pasar muslim yang luar bisa.

Lewat bisni smodelnya ini, Menix mengajak warganet berkolaborasi ikut serta membangun mitra usaha bersama memberdayakan peternak lokal diseluruh indonesia untuk ikut menyiapkan ternak unggul memenuhi kebutuhan protein hewani dalam rangka mencerdaskan kehidupan Bangsa.

TAGS : Sarjana Muda iCowindonesia Bisnis Peternakan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :