Sabtu, 11/07/2020 08:29 WIB

Sah! Presiden Tiadakan Ujian Nasional Tahun Ini

Presiden RI Joko Widodo akhirnya mengesahkan usulan untuk meniadakan ujian nasional (UN) tahun ini seluruh jenjang pendidikan.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMPN 11 Jakarta (Foto: Muti/Jurnas)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden RI Joko Widodo akhirnya mengesahkan usulan untuk meniadakan ujian nasional (UN) tahun ini seluruh jenjang pendidikan.

Dengan demikian, 2019 menjadi tahun terakhir pelaksanaan UN di Indonesia, sebab setelahnya akan berganti menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter pada 2021.

"Keputusan ini sebagai bagian dari sistem respon wabah Covid-19 yang salah satunya adalah pengutamaan keselamatan kesehatan rakyat," kata juru bicara Presiden, Fadjroel Rachman usai mengikuti rapat terbatas melalui video conference pada Selasa (24/3).

"Seperti yang telah disampaikan bahwa sistem respon Covid-19 harus menyelamatkan kesehatan rakyat, daya tahan sosial dan dunia usaha," imbuh dia.

Fadjroel menyebut peniadaan UN menjadi penerapan kebijakan pembatasan sosial (social distancing) untuk memotong rantai penyebaran virus Corona SARS 2 atau Covid-19.

"Kebijakan peniadaan UN perlu diikuti oleh partisipasi aktif warga dalam penerapan perilaku social distancing, yaitu kerja dari rumah, belajar dari rumah dan ibadah di rumah," tandas dia.

TAGS : Joko Widodo Ujian Nasional UN Ditiadakan Covid-19




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :