Sabtu, 20/04/2024 23:28 WIB

DPR Dukung Realokasi Anggaran Demi Penanggulangan Pandemi Virus Corona

Percepatan penanggulangan wabah Corona Covid-19 membutuhkan dana yang cukup besar untuk pengadaan peralatan dan infrastruktur medis, baik untuk kepentingan pencegahan maupun pengobatan.

Ketua DPR, Puan Maharani

Jakarta, Jurnas.com - Percepatan penanggulangan wabah Corona Covid-19 membutuhkan dana yang cukup besar untuk pengadaan peralatan dan infrastruktur medis, baik untuk kepentingan pencegahan maupun pengobatan.

Menanggapi hal itu, Ketua DPR Puan Maharani mendukung langkah pemerintah merelokasikan anggaran negara untuk kepentingan penanggulangan pandemi Covid-19, sesuai kewenangan pemerintah yang diberikan dan tertuang dalam UU APBN Tahun Anggaran 2020.

"Anggaran tersebut harus dimanfaatkan untuk pengadaan alat dan fasilitas screening tes Corona massal secara gratis, penambahan alat perlindungan diri bagi tenaga kesehatan, penambahan fasilitas rumah sakit, pengobatan pasien corona gratis, serta upaya-upaya menangkal penyebaran virus Corona," kata Puan, melalui rilisnya, Senin (23/3).

Terkait dampak ekonomi akibat wabah Corona, kata Puan, DPR meminta Pemerintah dapat memprioritaskannya pada penguatan daya beli masyarakat. Menurutnya, realokasi anggaran negara bisa diarahkan pada program-program penguatan daya beli masyarakat yang terdampak wabah Corona.

"Terutama mereka-mereka yang kehilangan pendapatan akibat kebijakan social distancing, serta pemberian insentif bagi tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan wabah Corona," kata politisi PDI Perjuangan itu.

Selain itu, lanjut Puan, pemerintah juga harus mengantisipasi melonjaknya angka inflasi, terutama akibat melonjaknya harga kebutuhan pokok dan alat medis terkait penanganan wabah Corona.

"Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, Bulog dan BUMN perlu berkoordinasi untuk meningkatkan kekuatan stok pangan dan alat medis pelindung diri akibat lonjakan permintaan dan pembelian barang tersebut," katanya.

Disisi lain, Puan mengimbau, agar pemerintah bersama Bank Indonesia terus berkoordinasi meredam pelemahan rupiah. Selain kebijakan moneter yang efektif, langkah-langkah pemerintah yang terukur dan kredibel dalam penanganan wabah Corona akan memperkuat kepercayaan pasar sehingga dapat meredam kejatuhan nilai tukar rupiah.

"DPR lewat komisi-komisi terkait akan mengawasi penggunaan realokasi anggaran tersebut agar pemanfaatnnya sesuai dengan program penanggulangan virus corona serta program penanggulangan dampak ekonominya," demikian Puan.

KEYWORD :

Warta DPR Ketua DPR Puan Maharani Virus Corona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :