Rabu, 01/04/2020 15:11 WIB

Kanada Putuskan Tak Kirim Atlet ke Olimpiade 2020

Kanada memutuskan untuk tidak mengirim atlet ke ajang Olimpiade maupun Paralimpiade 2020 di Jepang, menyusul pandemi virus corona baru (Covid-19).

Logo Olimpiade (Foto: Ilustrasi)

Montreal, Jurnas.com - Kanada memutuskan untuk tidak mengirim atlet ke ajang Olimpiade maupun Paralimpiade 2020 di Jepang, menyusul pandemi virus corona baru (Covid-19).

Sementara itu, panitia penyelenggara terus ditekan untuk menunda atau membatalkan Olimpiade, yang dijadwalkan akan diadakan di Tokyo, Jepang mulai 24 Juli mendatang.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengumumkan pada Minggu (22/3) kemarin bahwa mereka telah menetapkan batas waktu empat minggu untuk membuat keputusan terkait Olimpiade 2020.

Namun Kanada sudah bersikukuh untuk tidak akan mengirim atlet ke Olimpiade 2020, serta menyerukan agar Olimpiade ditunda.

"Komite Olimpiade Kanada (COC) dan Komite Paralimpik Kanada (CPC), yang didukung oleh komisi atlet mereka, organisasi olahraga nasional dan pemerintah Kanada, telah membuat keputusan sulit untuk tidak mengirim tim Kanada ke Olimpiade dan Paralimpik di musim panas 2020," demikian pernyataan Kanada dilansir dari Fox Sports pada Senin (23/3).

"COC dan CPC mendesak Komite Olimpiade Internasional (IOC), Komite Paralimpik Internasional (IPC), dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menunda Olimpiade selama satu tahun, dan kami menawarkan mereka dukungan penuh kami dalam membantu menavigasi semua kompleksitas terkait penjadwalan ulang Olimpiade," lanjut pernyataan tersebut.

"Sementara kami mengenali kompleksitas yang melekat di sekitar penundaan, tidak ada yang lebih penting daripada kesehatan dan keselamatan atlet kami dan komunitas dunia."

"Ini bukan semata-mata tentang kesehatan atlet, ini tentang kesehatan masyarakat. Dengan Covid-19 dan risiko yang terkait, tidak aman bagi para atlet kami, dan kesehatan serta keselamatan keluarga mereka dan komunitas Kanada yang lebih luas bagi para atlet untuk melanjutkan pelatihan ke arah kompetisi ini. Bahkan, itu bertentangan dengan saran kesehatan masyarakat yang kami mendesak semua orang Kanada untuk mengikuti," tulis Kanada.

TAGS : Olimpiade Tokyo Kanada Virus Corona




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :