Rabu, 01/04/2020 15:36 WIB

Minum Desinfektan, Dua Pria Ini Ditangkap Polisi

Penangkapan itu dilakukan karena tindakan itu bertentangan dengan hukum Arab Saudi dan agama Islam

Ilustrasi cairan desinfektan (foto: Middleeast)

Jakarta, Jurnas.com - Dua pria telah ditangkap oleh pihak berwenang di Arab Saudi setelah memposting video online yang menunjukkan mereka minum cairan desinfektan dan sterilisasi yang tidak layak untuk konsumsi manusia, dan dengan demikian menyesatkan orang lain untuk percaya bahwa itu dapat melindungi mereka dari virus corona.

Dilansir Middleeast, keduanya yang merupakan warga negara Saudi berusia 30-an, merekam video secara independen satu sama lain dan ditangkap atas perintah Biro Investigasi dan Penuntutan Umum Saudi di kota-kota Riyadh dan Qassim.

"Dengan mengacu pada video yang beredar di media sosial, dua pria tampak menyombongkan diri dan berpura-pura minum desinfektan sebagai solusi, dan menyiarkannya tanpa memperhatikan konsekuensi dan keseriusan efeknya pada publik," jelas Letnan Kolonel Shaker Al-Tuwaijri dan Bader Al-Suhaibani.

Penangkapan itu dilakukan karena tindakan itu bertentangan dengan hukum Arab Saudi dan agama Islam, karena itu adalah paparan yang disengaja dengan risiko cedera tubuh yang serius atau bahkan kematian.

Itu juga bisa mempengaruhi anak-anak untuk meniru tindakan dan membahayakan diri mereka sendiri dalam proses tersebut, karenanya tuduhan menghasut perilaku yang akan membahayakan kesehatan masyarakat.

Dengan kedua orang itu telah dirujuk ke sistem pengadilan Saudi, mereka dapat didakwa berdasarkan Pasal 6 Undang-Undang Anti Kejahatan Kerajaan dan juga karena melanggar Undang-Undang Perlindungan Anak di negara tersebut. Ini berarti bahwa mereka berpotensi menghadapi hukuman 5 tahun penjara serta denda hingga 3 juta Riyal Saudi ($ 800.000).

Dalam beberapa minggu terakhir, Arab Saudi dan negara-negara lain di kawasan itu telah mengambil langkah-langkah untuk mencoba membendung penyebaran virus, termasuk penutupan sekolah dan universitas, pembatalan sholat berjamaah di masjid-masjid dan karyawan sektor swasta diperintahkan untuk mengambil 15 hari libur untuk dikarantina sendiri. Perjalanan internasional ke banyak bagian dunia juga telah dilarang.

Sejauh ini, dikatakan tidak ada kematian di Kerajaan yang disebabkan oleh virus corona, tetapi ada 274 kasus yang dikonfirmasi; delapan orang telah pulih. Di seluruh dunia, ada hampir 253.000 kasus infeksi pada hari ini dan lebih dari 10.400 kematian.

TAGS : Cairan Desinfektan Arab Saudi Virus Corona




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :