Jum'at, 19/04/2024 23:31 WIB

Cegah Corona, Palestina Minta Warga Beribadah di Rumah

Otoritas keagamaan sejauh ini menjaga masjid Al Aqsa di Yerusalem, yang merupakan situs suci ketiga Islam, terbuka untuk sholat

Salah satu gereja di Palestina sedang disterilkan (foto: Middleeast Monitor)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah Palestina mengumumkan kepada masyarakat agar kegiatan sholat di masjid-masjid dan aktivitas di gereja-gereja di Tepi Barat yang diduduki dihentikan sementara untuk mencegah penyebaran coronavirus baru.

Kementerian Urusan Agama Otoritas Palestina meminta warga Palestina untuk beribadah di rumah saja untuk sementara waktu, hingga kondisi mulai aman terkendali.

"Mengingat rekomendasi Kementerian Kesehatan untuk meminimalkan kontak antara orang-orang dan untuk mengurangi pertemuan sebanyak mungkin, kami menyerukan umat Muslim kami di Palestina untuk mengadakan sholat di rumah," kata sebuah pernyataan kementerian dilansir Middleeast Monitor, Minggu (15/03).

Menurut pejabat kesehatan Palestina, 38 kasus virus corona telah dikonfirmasi di Tepi Barat, di mana Palestina memiliki pemerintahan sendiri yang terbatas di bawah Otoritas Palestina. Tidak ada yang dilaporkan di Jalur Gaza yang berpenduduk padat, yang dikendalikan oleh kelompok Islam Hamas.

Pemerintah yang dipimpin Hamas mengatakan pihaknya menutup penyeberangan perbatasan Gaza dengan Israel dan Mesir untuk perjalanan, tidak termasuk kasus-kasus yang mengancam jiwa yang memerlukan perawatan medis di luar kantong. Pertemuan akan dibatasi hingga 100 orang dan sekolah-sekolah harus ditutup hingga Maret.

Mengutip alasan keamanan, Israel dan Mesir menjaga Jalur Gaza di bawah blokade dengan kontrol ketat atas pergerakan lintas perbatasan mereka.

Otoritas keagamaan sejauh ini menjaga masjid Al Aqsa di Yerusalem, yang merupakan situs suci ketiga Islam, terbuka untuk sholat.

Dewan yang ditunjuk Yordania yang mengawasi situs-situs Islam di kompleks suci Yerusalem telah membuatnya terbuka untuk sholat Jumat, mendorong umat beriman untuk berkumpul di halaman luar kompleks 35 hektar daripada di dalam kuil tertutup.

Dewan Wakaf meyakinkan jamaah dalam sebuah pernyataan minggu ini bahwa seluruh kompleks, termasuk kubah emas dari kuil Batu, sedang disterilkan terus menerus.

Umat Muslim percaya bahwa situs itu adalah tempat Nabi Muhammad naik ke surga. Orang-orang Yahudi memujanya sebagai situs kuil kuno Yahudi. Ini adalah salah satu tempat paling sensitif dalam konflik Israel-Palestina.

Di Israel, di mana 164 kasus virus corona telah dikonfirmasi, pertemuan telah dibatasi hingga 100 orang. Beberapa otoritas agama di Tanah Suci, termasuk Patriarkat Latin Yerusalem, telah bergerak untuk menerapkan kontrol kerumunan di tempat-tempat ibadah.

Negara-negara mayoritas Muslim telah memperkenalkan berbagai langkah untuk mencoba menghentikan infeksi.

Mesir akan menangguhkan sekolah dan universitas selama dua minggu mulai 15 Maret. Di antara negara-negara Teluk Arab, Arab Saudi dan Kuwait mengambil keputusan paling drastis dengan membatalkan semua penerbangan internasional.

Kehadiran pada sholat Jum`at umumnya wajib bagi pria berbadan sehat dalam Islam, tetapi Riyadh mengatakan mereka yang dikarantina dan mereka yang takut terinfeksi atau menginfeksi orang lain tidak perlu hadir.

Pakistan telah menutup sekolah dan perbatasan daratnya dan memutuskan untuk membatasi penerbangan internasional dan mencegah pertemuan besar.

KEYWORD :

Palestina Pemerintah Rumah Ibadah Virus Corona




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :