Jum'at, 27/11/2020 04:32 WIB

Menlu Zarif: Perang Melawan Virus Corona Harus Kolektif

Upaya Iran untuk menahan virus corona hanya akan berhasil jika negara-negara di kawasan dan di seluruh dunia melakukan bagian tanggung jawab mereka dan bekerja sama dengan Teheran.

Menteri Luar negeri Iran Mohammad Javad Zarif

Teheran, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif mengatakan, masyarakat internasional memiliki tugas untuk membantu negara Negeri Para Mullah memerangi virus corona.

Zarif mengatakan dalam unggahan di akun Twitter pada Kamis (5/3) bahwa upaya Iran untuk menahan virus corona hanya akan berhasil jika negara-negara di kawasan dan di seluruh dunia melakukan bagian tanggung jawab mereka dan bekerja sama dengan Teheran.

"Kami bisa menang bersama atau kalah bersama," kata Zarif, menambahkan, "imperatif koperasi global & regional."

Zarif mengatakan, Iran bekerja sama erat dengan badan-badan internasional, seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), untuk menahan penyebaran penyakit baik di dalam Iran maupun ke negara-negara lain.

Ia juga menyertakan video dalam unggahan yang menunjukkan bahwa para pelancong yang tiba di bandara Iran akan melalui kontrol ketat dan pemeriksaan untuk menemukan infeksi.

"Tindakan pencegahan ketat — termasuk penyaringan penumpang udara di gerbang keberangkatan — sedang dilaksanakan," tulis Zarif dalam keterangan video tersebut.

Sebanyak 107 orang meninggal karena virus korona di Iran sementara jumlah total kasus yang dikonfirmasi sudah tembus diangka 3.513 pada Kamis (5/3) siang waktu setempat.

Iran telah berjuang melawan virus di tengah serangkaian kesengsaraan ekonomi yang disebabkan sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap negara itu. Sanksi itu menghambat akses Iran ke obat-obatan dan peralatan medis.

China, negara tempat virus korona berasal lebih dari dua bulan lalu, mengatakan, larangan AS terhadap Iran bertentangan dengan semangat kemanusiaan, menyerukan Washington untuk menghapus sanksi tersebut.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Zhao Lijian mengatakan, Washington harus berhenti menghambat upaya Iran dan komunitas internasional untuk menghentikan penyebaran virus corona.

TAGS : Mohammad Javad Zarif Virus Corona Zhao Lijian




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :