Jum'at, 26/04/2024 02:28 WIB

Meriahkan HUT ke-42, Jasa Marga Tanam 42.000 pohon

Sebanyak 42.000 pohon yang ditanam terdiri dari berbagai jenis, dipilih karena termasuk pohon pelindung yang memiliki daya resapan air cukup tinggi serta potensial untuk dibudidayakan.

Peringati hari ulang tahun yang ke-42, Jasa Marga melakukan penanam pohon. (Foto: Humas Jasa Marga)

Jakarta, Jurnas.com - Dalam memperingati HUT ke-42 yang jatuh pada Minggu (1/3), PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan kelompok usahanya (Jasa Marga Group) berkomitmen untuk menanam 42.000 pohon sepanjang tahun 2020 di wilayah operasional Jalan Tol Jasa Marga se-Indonesia.

Kepala Humas Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan, secara simbolis, penanaman 42.000 pohon tersebut berlangsung serentak di seluruh Kantor Cabang, Regional, dan Anak Perusahaan Perseroan di seluruh Indonesia hari ini sejak pukul 08.00 WIB.

Penanaman 42.000 pohon tersebut selaras dengan tema HUT Jasa Marga ke-42, yakni "Safety Driving on the Green Toll Road”.

Sebanyak 42.000 pohon yang ditanam terdiri dari berbagai jenis, dipilih karena termasuk pohon pelindung yang memiliki daya resapan air cukup tinggi serta potensial untuk dibudidayakan.

Di antara pohon itu adalah mahoni, pucuk merah, ketapang, angsana, damar, flamboyan, tabebuya, bintaro, pala, palem merah, rainbow, cemara laut, glodokan, jamblang, buni, cemara, bougenville, ketapang, nyamling, kemiri sunan, bambu, bungur, kendal, pacira, ulin, kamper, beringin, lay, sungkai, dan trembesi.

Selain itu, ada pula jenis pohon produktif penghasil buah, misalnya rambutan, jamblang, jambu kristal, mangga, kelengkeng, sawo, nangka, dan alpukat.

Penanaman pohon di jalan tol tidak hanya untuk estetika lingkungan, tetapi memiliki manfaat dari aspek ekologi, aspek keselamatan dan kenyamanan. Ini merupakan wujud nyata untuk mengurangi dampak lingkungan dari adanya pembangunan dan pengoperasian jalan tol.

Manfaat lain adalah mengurangi pencemaran udara, menyerap kebisingan, mencegah erosi, meningkatkan serapan air, pemecah angin untuk mengurangi efek hempasan angin pada pengendara, penghalang silau dari kendaraan yang berlawanan arah, penahan benturan untuk menghindari fatalitas jika terjadi kecelakaan serta menjaga keseimbangan sistem ekologi.

Tak hanya giat membangun dan mengelola jalan tol serta bisnis lainnya, Jasa Marga Group juga rutin menggelar kegiatan pelestarian alam. Sepanjang tahun 2019, Jasa Marga melalui Community Development Program telah menanam sekitar 18.000 pohon.

KEYWORD :

Jasa Marga Tanam Pohon Dwimawan Heru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :