Sabtu, 27/04/2024 01:09 WIB

Bank DKI Didorong Kembangkan Sinergi Antar BUMD

OJK sangat menginginkan BPD bisa menjadi tuan rumah bagi pembangunan daerah dan pengembangan potensi di daerahnya masing-masing

Gedung Bank DKI (Emiten News)

Jakarta, Jurnas.com - Bank DKI didorong oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengembangkan sinergi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) hingga bisa dijadikan Bank Pembangunan Daerah (BPD) percontohan di Indonesia.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV OJK, Achmad Soekro Tratmono, mengatakan OJK mendukung langkah Bank DKI yang telah mulai membangun sinergi antar BUMD. Sehingga pelaksanaan pembangunan Kota Jakarta semakin lancar dan kesejahteraan warga juga terjamin.

"Kami apresiasi dengan dimulai oleh Bank DKI yang membangun sinergi dengan baik. Kami ajak kawan-kawan BPD lainnya untuk meniru DKI agar sinergi di daerah bisa membangun daerahnya masing-masing," kata Achmad Soekro Tratmono, Minggu (1/3/2020).

OJK sangat menginginkan BPD bisa menjadi tuan rumah bagi pembangunan daerah dan pengembangan potensi di daerahnya masing-masing. Karena BPD menjadi modal utama bagi pelaksanaan pembangunan daerahnya.

"Apalagi BPD adalah bank yang tahu kultur dan karakter perilaku daerahnya. Karena itu, OJK akan mendorong BPD untuk lebih maju dari sekarang," ujar Achmad Soekro Tratmono.

Untuk mewujudkan hal itu, sambung Achmad Soekro Tratmono, OJK membuat master plan 2020-2024 yang berisi langkah untuk penguatan BPD di Indonesia. Diantaranya, penguatan ketahanan dan daya saing dengan cara konsolidasi dan perkuatan permodalan.

Lalu, transformasi BPD ke sistem digital dan digitalisasi produk, percepatan perkembangan ekosistem jasa keuangan seiring dengan pembangunan, dan meningkatkan literasi inklusi keuangan.

Juga, langkah percepatan dan perluasan pengawasan berbasis teknologi, peningkatan skala ekonomi industri melalui skala peningkatan minimum dan akselerasi konsolidasi, serta mitigasi risiko yang ada.

Dengan adanya masterplan ini, OJK ingin BPD dapat melangkah lebih maju dan lebih bermanfaat bagi masyarakat daerah. "Karena itu, kami sambut baik sinergi yang terus dikembangkan, melalui sinergi juga kami dorong BPD untuk konsolidasi menyelesaikan permasalahan BPD. Jadilah BPD tuan rumah di daerahnya,” jelas Achmad Soekro Tratmono.

Sementara itu, Direktur Utama Bank DKI Zainuddin Mappa mengatakan Bank DKI secara konsisten terus membangun sinergi BUMD di DKI Jakarta. Hingga saat ini, sinergi yang telah dilakukan Bank DKI bersama BUMD di Jakarta, antara lain adalah sinergi pada sektor transportasi dengan mengakomodir layanan non-tunai dengan JakCard di TransJakarta, MRT, Railink dan commuter line.

"Sinergi BUMD juga kami lakukan di sektor ketahanan pangan, antara Bank DKI bersama Food Station dengan memberikan Kartu Pedagang di Pasar Cipinang,” kata Zainunddin Mappa.

KEYWORD :

Bank DKI OJK BPD Sinergi BUMD




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :