Selasa, 11/08/2020 04:43 WIB

Target 60 Persen Menang Pilkada 2020, Golkar Seleksi Ketat

Partai Golkar telah menerima penyerahan hasil penjaringan calon kepala daerah untuk 53 daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak 2020.

Partai Golkar menerima penyerahan hasil penjaringan calon kepala daerah untuk 53 daerah

Jakarta, Jurnas.com - Partai Golkar telah menerima penyerahan hasil penjaringan calon kepala daerah untuk 53 daerah yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak 2020. Dimana, Indonesia kembali akan menggelar kontestasi Pilkada di 270 daerah, yakni 9 Provinsi, 224 Kabupaten dan 37 Kota.

Ketua Pemenangan Pemilu Sumatera 1 DPP Golkar, Idris Laena mengatakan, seluruh calon kepala daerah itu akan disurvei melalui independen. Selanjutnya, penetapan akhir calon kepala daerah akan diputuskan oleh tim seleksi DPP Partai Golkar yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto.

"Satu hal yang perlu diketahui bahwa ketua umum melalui Juklak No 4 tentang tata kerja punya hak diskreas," kata Idris, melalui rilisnya, Jakarta, Kamis (27/2).

Partai Golkar, kata Idris, akan bekerja secara maksimal untuk pemenangan kontestasi Pilkada serentak 2020 mendatang.

"Semua Partai Politik, sudah barang tentu berharap dapat memenangkan sebanyak mungkin kader atau calon yang diusung. Tidak terkecuali Partai Golkar yakni telah menetapkan minimal 60 Persen Pilkada serentak 2020 dapat dimenangkan," kata Idris.

Karena itu, lanjut Idris, untuk mewujudkan harapan tersebut maka Partai Golkar harus melaksanakan seleksi yang ketat untuk menetapkan calon yang diusung pada Pilkada nanti.

"Namun tetap memberi ruang seluasnya kepada kader dan bakal calon lainnya untuk berkompetisi mendapatkan rekomendasi dari Partai Golkar," tegasnya.

Adapun pengaturan tentang seleksi Jabatan Publik di Partai Golkar diatur pada AD/ART khususnya pada Anggaran Rumah Tangga Pasal 11 Ayat 4 yang menyatakan bahwa tahapannya meliputi: Tahap Pendaftaran dan Tahap Penjaringan serta Tahap Penetapan.

Penetapan lebih Lanjut,Telah diatur dalam Juklak No 3 DPP Partai Golkar bahwa pada tahap pendaftaran, Golkar memberi kesempatan kepada calon kepala daerah terutama kader untuk mendaftar melalui DPD 2 masing-masing daerah.

"Setelah itu semua nama yang sudah dijaring oleh DPD Golkar Provinsi akan direview menjadi antara 3 sampai dengan 5 Orang bakal calon yang akan diusulkan ke DPP Golkar," demikian Idris.

TAGS : Pilkada 2020 Partai Golkar Calon Kepala Daerah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :