Sabtu, 20/04/2024 23:26 WIB

Yunani Bangun Pagar Terapung di Laut Aegea Setop Migran

Pemerintah Yunani berencana membangun penghalang terapung sepanjang 1,7 mil di Laut Aegea untuk mencegah migran memasuki negara tersebut.

Ilustrasi migran masuk ke wilayah Yunani (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah Yunani berencana membangun penghalang terapung sepanjang 1,7 mil di Laut Aegea untuk mencegah migran memasuki negara tersebut.

Rencana itu, yang diluncurkan Jumat, menyerukan pemasangan jaring yang menyala di permukaan air dekat pulau Lesbos, tempat hampir 1 juta pengungsi mendarat selama perang saudara Suriah, beremigrasi ke Turki. Jaring akan naik 20 inci dari air, dan telah dianggarkan sebesar $ 553.000.

Militer Yunani, penyelenggara proyek, membuka penawaran untuk kontraktor swasta, menetapkan bahwa pagar harus selesai dalam waktu tiga bulan. Pemerintah kanan tengah negara itu membuat pembatasan imigrasi menjadi fitur dalam kampanye pemilihan Juli. 60.000 migran yang mencapai pulau-pulau Yunani pada 2019 adalah dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis mengalahkan lawannya dan pendahulunya Alexis Tsipras dalam pemilihan, dengan janji untuk memperkuat perbatasan Yunani. Jika Idlib, benteng terakhir pemberontak Suriah, jatuh, komunitas di sepanjang pulau Aegean Yunani khawatir bahwa migran tambahan akan datang.

"Di Evros, penghalang alami memiliki hasil relatif baik dalam menahan aliran migran," kata Menteri Pertahanan Yunani Nikos Panagiotopoulos, mengacu pada pagar berpagar kawat berduri yang dibangun di perbatasan tanah Yunani-Turki pada 2012, dilansir UPI.

"Kami percaya hasil yang sama dapat diperoleh dengan rintangan mengambang ini. Kami berusaha menemukan solusi. "

Proposal ini menandai eskalasi yang mengkhawatirkan dalam upaya berkelanjutan pemerintah Yunani untuk membuat sesulit mungkin bagi para pencari suaka dan pengungsi untuk tiba di pantainya dan akan menyebabkan lebih banyak bahaya bagi mereka yang mencari keselamatan.

"Rencana itu menimbulkan masalah serius tentang kemampuan penyelamat untuk terus memberikan bantuan penyelamatan jiwa kepada orang-orang yang mencoba menyeberangi laut berbahaya ke Lesbos," kata Massimo Moratti dari Amnesty International.

"Pemerintah harus segera mengklarifikasi rincian operasional dan perlindungan yang diperlukan untuk memastikan bahwa sistem ini tidak memerlukan kehidupan lebih lanjut," tambahnya.

Dimitris Vitsas, mantan menteri migrasi Yunani, mengatakan pagar itu terbukti tidak efektif.

"Gagasan bahwa pagar sepanjang ini akan berfungsi benar-benar bodoh," kata Vitsas. "Itu tidak akan menghentikan siapa pun yang melakukan perjalanan."

Lesbos adalah situs pusat penerimaan migran yang sudah dianggap terlalu penuh sesak.

KEYWORD :

Pagar Terapung Warga Migran Pemerintah Yunani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :