Rabu, 24/04/2024 13:58 WIB

Pasar Langsung Merosot setelah AS-Kanada Keluarkan Larangan Perjalanan ke China

Jumlah kematian di Hubei naik menjadi 76 dari 56, kata para pejabat, dengan lima kematian di tempat lain di China termasuk yang pertama di Beijing.

Warga memakai masker untuk mencegah terjangkit virus korona (foto: The National)

Washington, Jurnas.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) dan Kanada mengeluarkan imbauan untuk tidak melakukan perjalanan ke China pada  Senin (27/1) waktu setempat, karena penyebaran wabah virus corona makin tidak terbendung.

Saham global jatuh, harga minyak mencapai posisi terendah tiga bulan terakhir, dan yuan Tiongkok merosot ke level terlemahnya pada 2020 karena investor cemas tentang kerusakan pada ekonomi terbesar kedua di dunia dari larangan perjalanan dan perpanjangan liburan Tahun Baru Imlek.

Presiden AS, Donald Trump menawarkan bantuan kepada China pada Senin (27/1), sementara Departemen Luar Negeri AS mengatakan warga Amerika harus mempertimbangkan kembali mengunjungi seluruh China karena virus baru.

Kanada, yang memiliki dua kasus dikonfirmasi virus dan sedang menyelidiki 19 lebih banyak kasus potensial, memperingatkan warganya untuk menghindari perjalanan ke provinsi Hubei China, di jantung wabah.

Angka resmi terbaru menyebutkan jumlah total kasus yang dikonfirmasi di Tiongkok sekitar 2.835, setengahnya di Hubei. Beberapa ahli menduga angkanya jauh lebih tinggi.

Jumlah kematian di Hubei naik menjadi 76 dari 56, kata para pejabat, dengan lima kematian di tempat lain di China termasuk yang pertama di Beijing.

Kota pusat China yang berpenduduk 11 juta orang dalam kuncian virtual dan Hubei, rumah bagi hampir 60 juta orang, berada di bawah pembatasan perjalanan.

Kasus-kasus yang terkait dengan orang-orang yang melakukan perjalanan dari Wuhan sudah dikonfirmasi hampir puluhan negara, dari Jepang hingga AS, di mana pihak berwenang mengatakan memiliki 110 orang yang sedang diselidiki di 26 negara. Sri Lanka adalah negara terbatu mengkonfirmasi suatu kasus.

Investor khawatir tentang dampak pada perjalanan, pariwisata dan kegiatan ekonomi yang lebih luas. Konsensusnya adalah bahwa dalam jangka pendek, output ekonomi akan terpukul ketika pihak berwenang membatasi perjalanan dan memperpanjang liburan Tahun Baru selama sepekan untuk membatasi penyebaran virus.

Saham Asia dan Eropa jatuh, dengan Nikkei Jepang rata-rata meluncur 2%, penurunan satu hari terbesar dalam lima bulan. Permintaan melonjak untuk aset safe-haven seperti yen Jepang dan Treasury note. Saham Eropa turun lebih dari 2%. US S&P 500 ditutup hampir 1,6%.

"China adalah pendorong terbesar pertumbuhan global sehingga ini tidak mungkin dimulai di tempat yang lebih buruk," kata Alec Young, direktur pelaksana FTSE Russell untuk riset pasar global.

Selama wabah Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARS) 2002-2003, yang berasal dari China dan menewaskan hampir 800 orang di seluruh dunia, permintaan penumpang udara di Asia anjlok 45%. Industri perjalanan lebih bergantung pada pelancong Tiongkok sekarang.

Hong Kong yang dikuasai China, yang memiliki delapan kasus, melarang masuknya orang yang mengunjungi Hubei baru-baru ini. Beberapa operator tur Eropa membatalkan perjalanan ke China, sementara pemerintah di seluruh dunia bekerja memulangkan warga negara.

Secara resmi dikenal sebagai 2019-nCoV, coronavirus yang baru diidentifikasi dapat menyebabkan pneumonia, tetapi masih terlalu dini untuk mengetahui seberapa berbahayanya dan seberapa mudah penyebarannya.

"Apa yang kita ketahui tentang virus ini adalah bahwa penularan terjadi melalui kontak manusia tetapi kita berbicara tentang kontak dekat, yaitu kurang dari satu meter," kata Jerome Salomon, seorang pejabat senior di kementerian kesehatan Prancis.

"Menyeberangi seseorang (terinfeksi) di jalan tidak menimbulkan ancaman. Risiko rendah ketika Anda menghabiskan sedikit waktu di dekat orang itu dan menjadi lebih tinggi ketika Anda menghabiskan banyak waktu di dekat orang itu," katanya.

KEYWORD :

Virus Corona Virus Misterius Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :