Jum'at, 26/04/2024 07:30 WIB

Penyebaran Virus Corona Meningkat, 4 Negara Asia Tenggara Tersuspect

Penyebaran terbanyak terjadi di Mainland China mencapai 2.062 kasus tersuspect. Dan data terakhir menyebutkan, 56 orang yang dikabarkan tewas.  

Penyebaran kasus virus corona di sejumlah negara dunia

Jakarta, Jurnas.com- Penyebaran virus corona terus meningkat setiap hari. Pada Minggu, (26/1/2020) terkonfirmasi sebanyak 2000 kasus. Dan per hari ini menjadi 2,118 kasus.

Titik penyebaran di sejumlah wilayah dunia juga bertambah. Pada Sabtu, (25/1/2020) tercatat 40 wilayah. Tapi pada hari ini jumlahnya mencapai 56 titik kota di dunia.

Untuk Asia Tenggara, ada 4 negera yang dianggap tersuspect. Berdasarkan situs gisanddata, yakni Malaysia sebanyak 4 kasus, Singapura 4 kasus, Thailand 8 kasus, dan Vietnam 2 kasus.

Penyebaran terbanyak terjadi di Mainland China mencapai 2.062 kasus tersuspect. Dan data terakhir menyebutkan, 56 orang yang dikabarkan tewas.

irus ini adalah virus corona. Disebut demikian karena di bawah mikroskop, virus tampak dikelilingi oleh mahkota.

Pilek biasa adalah contoh gejala dari virus coronadan begitu pula SARS - sindrom pernapasan akut parah - dan MERS - sindrom pernapasan Timur Tengah. SARS berasal 17 tahun yang lalu di pasar makanan di China.

Para ilmuwan melacak virus ke musang, binatang seperti kucing yang dijual untuk makanan. Sementara, MERS muncul pada 2012 silam.

Matthew Frieman, seorang pakar virus corona, mengatakan, MERS mungkin berasal dari kelelawar, tetapi sekarang endemik pada unta di seluruh Timur Tengah, dan menyebar dari unta ke manusia.

"Untuk semua virus corona yang muncul ini, mereka memiliki inang perantara yang memungkinkan virus untuk berpindah dari hewan ke manusia," katanya.

Virus Corona ini dikaitkan dengan pasar di Wuhan, sebuah kota di Cina tengah dengan populasi 11 juta. Virus pernapasan tersebar di udara.

Mereka ditularkan dengan batuk atau bersin, menyentuh permukaan yang terinfeksi dan kemudian menyentuh mulut, hidung atau mata Anda.

Frieman mengatakan lebih mudah menangkap virus korona daripada menangkap Ebola karena Ebola menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh yang terinfeksi dan bukan dari tetesan di udara.


 

KEYWORD :

Virus Corona Penyakit Mematikan Penyebaran Kematian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :