Sabtu, 20/04/2024 00:11 WIB

Alat Deteksi Tsunami Pemprov DKI Kalah Rasional Buatan SMK Gowa

Pengeras suara itu merupakan penambahan dari tahun sebelumnya yang berjumlah 14 unit.

Gong pendeteksi dini tsunami buatan SMK Gowa (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Gong, sebagai alat untuk deteksi secara dini tsunami karya Siswa SMK 3 Gowa, Sulawesi Selatan disebut lebih rasional dibandingkan toa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Diketahui, Pemprov DKI Jakarta bakal menambah enam toa untuk peringatan dini bencana kepada warga. Pengeras suara itu merupakan penambahan dari tahun sebelumnya yang berjumlah 14 unit.

Toa yang dinamai Disaster Warning System (DWS), tergabung dalam sistem peringatan dini atau Early Warning System (EWS) Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta.

Ketua Komisi D Bidang Pembangunan DPRD DKI Jakarta, Ida Mahmuda mengakui keunggulan gong dibandingkan toa, sebagai alat untuk mendeteksi secara dini bencana, khususnya banjir.

Menurutnya, karya siswa tersebut lebih rasional. Sebab, jika menggunakan toa, dipastikan akan mengalami kendala yang fatal saat terjadinya banjir.

"Ya karya siswa itu lebih rasional lah. Kalau pakai toa itu kan dilakukan petugas. Nah kalau petugasnya sendiri kena banjir gimana?," ujar Ida Mahmudah.

Ida mengaku pernah mengusulkan kepada Pemprov DKI Jakarta untuk menganggarkan alat pendetedeksi tsunami saat tragedi tsunami di Pandeglang, Banten beberapa waktu lalu.

"Kami usul itu ketika terjadi tsunami di Pandeglang, Banten, beberapa waktu lalu. Namun, usulan itu tidak direspons dengan alasan sudah ada alatnya," ujarnya.

Siswa SMK 3 Kabupaten Gowa dengan dukungan penuh Kepala Dinas Pendidikan Sulawesi Selatan saat itu Irman Yasin Limpo berhasil membuat alat pendeteksi tsunami.

Alat itu bekerja dengan mendeteksi tekanan atau suhu udara sehingga sebelum tinggi air terdeteksi, suhunya saja itu sudah mengirimkan penanda tinggi air.

Suhu yang terdeteksi kemudian memberikan sinyal yang dikirim dari alat yang ada di tengah laut itu, kemudian diterima oleh penerima sinyal yang ada di gong raksasa andalan, di samping Benteng Rotterdam.

Gong tersebut kemudian akan mengeluarkan bunyi gong yang bisa langsung didengar masyarakat.

KEYWORD :

Alat Deteksi Tsunami Pemprov DKI SMK Gowa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :