Selasa, 29/09/2020 10:59 WIB

AS Siap Jadi Tameng Pemimpin Oposisi Venezuela Gulingkan Maduro

Dia mengatakan menyingkirkan Maduro adalah

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo.(Foto: )

Jakarta, Jurnas.com - Sekretaris Negara Mike Pompeo mengatakan Amerika Serikat akan mulai berbuat lebih banyak untuk mendukung pemimpin oposisi Venezuela dan presiden yang memproklamirkan diri, Juan Guaido.

Dilansir Voa, Pompeo dan Guaido bertemu dengan para wartawan hari Senin di sela-sela pertemuan kontraterorisme regional di Bogota, Kolombia.

Guaido, ketua Majelis Nasional, menyatakan dirinya sebagai presiden Venezuela satu tahun lalu, setelah memutuskan bahwa pemilihan kembali Presiden Nicolas Maduro tidak sah.

Pemerintahan Trump dan sekitar 50 negara lainnya mengakui Guaido sebagai presiden sejati Venezuela.

"Saya ingin Anda tahu bahwa presiden Anda adalah pemimpin hebat yang ingin membawa negara Anda ke arah yang benar - arah kebebasan, demokrasi, untuk memulihkan kemakmuran ekonomi," kata Pompeo dalam sambutannya yang ditujukan pada rakyat Venezuela.

Dia mengatakan AS akan melakukan segalanya untuk memastikan mereka mendapatkan kesempatan itu.

Momentum awal Guaido dan pemberontakan rakyat melawan Maduro tampaknya menyusut selama setahun terakhir. Tetapi Guaido mengatakan kepada wartawan perjuangan untuk demokrasi menemukan alternatif, jalur yang berbeda, dan mekanisme yang diperkuat.

Dia mengatakan menyingkirkan Maduro adalah "strategi jangka panjang."

"Para diktator tidak akan mau menyerahkan kekuasaan yang telah mereka ambil. Kami jauh lebih seperti Suriah daripada seperti Kuba dalam hal migrasi, akses ke layanan, inflasi. Tidak ada vaksin untuk kami anak-anak. Mereka sekarat karena kekurangan makanan, "kata Guaido.

Wakil Presiden Partai Sosialis Venezuela yang berkuasa Diosdado Cabello memecat Guaido pada hari Senin karena tidak efektif.

"Sama sekali tidak relevan bagi kami bahwa seorang antek telah pergi menemui tuannya di Kolombia. Dia belum mencapai apa pun yang dijanjikannya," kata Cabello pada konferensi pers.

Pompeo tidak merinci "tindakan lebih lanjut" apa yang akan dilakukan AS untuk mendukung Guaido. Ia telah menjatuhkan sanksi pada sejumlah politisi senior Venezuela dan pada sektor minyak Venezuela. Tindakan militer AS terhadap Venezuela tidak pernah dibatalkan.

AS menuduh rezim Maduro memiliki hubungan dengan kelompok pemberontak Kolombia dan teroris Hizbullah yang bermarkas di Libanon.

Pompeo tidak akan mengatakan jika AS berencana menunjuk Venezuela sebagai sponsor terorisme negara, dan mengatakan kepada wartawan bahwa "terus-menerus mengevaluasi" siapa yang termasuk dalam daftar.

Guaido menuju ke Forum Ekonomi Dunia di Davos minggu ini. Dia meninggalkan Venezuela dengan risiko pribadi yang besar karena Mahkamah Agung Venezuela melarangnya meninggalkan negara itu, dan dia mungkin tidak diizinkan untuk kembali ke rumah.

Jutaan rakyat Venezuela telah meninggalkan negara itu dalam dua tahun terakhir setelah kegagalan kebijakan sosialis, korupsi, dan penurunan kebijakan energi dunia menghancurkan ekonomi negara kaya minyak itu. Bensin, obat-obatan, dan banyak makanan pokok tidak tersedia atau tidak terjangkau karena hiperinflasi.

Maduro mengatakan dia siap untuk mengadakan pembicaraan langsung dengan Amerika Serikat.

TAGS : Mike Pompeo Menlu AS Pemimpin Oposisi Venezuela




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :