Rabu, 24/04/2024 15:58 WIB

Pertamina: Kolaborasi BUMN Saat Bangun Kilang Bisa Optimalkan TKDN

Selain meningkatkan TKDN, pembangunan kilang juga dituntut untuk mendorong produk lokal dapat berkompetisi lebih baik di dalam negeri

Dirut PT Pertamina, Nicke Widyawati

Jakarta, Jurnas.com - Kolaborasi BUMN dalam percepatan pembangunan kilang dinilai bakal dorong pengoptimalan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

"Kalimat percepatan seringkali tidak sinkron dengan kalimat peningkatan TKDN, tapi dengan kerja sama BUMN, mulai dari desain sampai dengan manufaktur didukung regulator, kita berharap percepatan terjadi sejalan dengan peningkatan TKDN," ujar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati, Senin (20/1/2020).

Selain meningkatkan TKDN, pembangunan kilang juga dituntut untuk mendorong produk lokal dapat berkompetisi lebih baik di dalam negeri.

"Kita harus jalankan ketiganya, maka harus dibantu seluruh pihak. Oleh karena itu, penting sekali kick off kali ini kita lakukan dengan mendatangkan stakeholder utama," kata Nicke.

Dengan adanya kerja sama ini, menurut dia, akan membuka ruang bagi industri nasional dapat tumbuh bersama.

"Mungkin, di dunia saat ini tidak ada yang membangun kilang besar-besaran seperti di Indonesia, inilah momen yang sangat pas. Kita akan bertumbuh bersama sebagai modal untuk meningkatkan industri nasional," katanya.

Dalam percepatan pembangunan kilang, ia mengatakan PT Barata Indonesia ditunjuk sebagai koordinator klaster industri manufaktur BUMN, karena dinilai memiliki kompetensi dan juga pengalaman panjang dalam pembangunan infrastruktur di bidang minyak dan gas (migas).

Beberapa perusahaan lain yang turut ambil bagian dalam tim percepatan pembangunan kilang, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dan PT Rekayasa Industri.

"Diharapkan dapat merampungkan proyek strategis nasional prioritas dalam rangka pencapaian produksi dua juta barel per hari, dari sebelumnya satu juta barel per hari," kata Nicke.

KEYWORD :

BUMN Pertamina Nicke Widyawati TKDN kilang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :