Sabtu, 28/11/2020 03:50 WIB

Gagalkan Upaya Penggulingan Pemerintah, Turki Tangkap Ratusan Orang

Pihak berwenang Turki telah menangkap ratusan orang yang mereka curigai memiliki hubungan dengan pemimpin yang diklaim sebagai penggulingan pemerintah

Warga Turki merayakan selama upacara memperingati ulang tahun pertama upaya kudeta yang gagal di Jembatan Bosphorus di Istanbul, Turki, pada 15 Juli 2017. File Foto oleh Tolga Bozoglu / EPA-EFE

Jakarta, Jurnas.com - Pihak berwenang Turki telah menangkap ratusan orang yang mereka curigai memiliki hubungan dengan pemimpin yang diklaim sebagai penggulingan pemerintah yang gagal tiga setengah tahun yang lalu, Selasa (14/01) waktu setempat.

Lebih dari 200 orang ditahan atas surat perintah dari jaksa penuntut di kota Izmir, Turki barat. Di antara mereka yang ditangkap adalah enam pilot pesawat tempur militer dan empat kepala polisi setempat, serta lusinan tentara yang aktif bertugas dan mantan pasukan yang diduga terkait dengan ulama Fethullah Gulen yang diasingkan.

Dilansir UPI, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah lama menyalahkan Gulen, yang tinggal di Amerika Serikat, karena mendalangi upaya kudeta militer pada pertengahan 2016.

Gerakan sosial dan budaya Gulen, yang diyakini memiliki jutaan pengikut di seluruh Turki, telah dicap oleh Ankara sebagai organisasi teroris - yang disebut Organisasi Teroris Fetullah Gulen.

Pejabat Turki mengatakan pada Selasa bahwa mereka mengidentifikasi banyak tersangka dengan memantau komunikasi telepon antara "penyusup" militer dan penangan.

Sebagian besar penangkapan dilakukan di dan sekitar Izmir, di mana Gulen memiliki banyak pengikut sebelum ia berangkat ke Amerika Serikat pada tahun 2000. Sekarang ia tinggal di Pennsylvania.

Pihak berwenang Turki telah menangkap ratusan orang sejak kudeta yang gagal, tetapi tidak pernah bisa menangkap Gulen. Turki gagal meminta Amerika Serikat mengembalikannya untuk diadili.

TAGS : Penggulingan Kekuasaan Pemerintah Turki




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :