Kamis, 25/04/2024 08:50 WIB

PDI Perjuangan Dorong Penguatan Sistem Penanggulangan Bencana

Memperjelas peran TNI dalam penanggulangan bencana, serta mendudukan TNI aktif dalam organisasi BNPB.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri

Jakarta, Jurnas.com - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I-2020 PDI Perjuangan menelorkan sembilan butir rekomendasi yang ditandatangani Sukur Nababan selaku Steering Committee dan Hasto Kristiyanto selaku Sekjen PDIP.

Butir kesembilan rekomendasi itu memuat sikap tegas dan komitmen partai dalam mendukung sejumlah kebijakan strategis nasional, salah satunya terkait pencegahan dan penanggulangan bencana oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kepada kader di eksekutif, DPP PDIP menginstruksikan untuk memastikan agar besaran jumlah anggaran penanggulangan bencana memadai.

Juga mendorong kajian jenis bencana, resiko, mitigasi dan penanggulangan bencana di setiap daerah guna meminimalisir dampak dan korban jiwa.

"DPP Partai menginstruksikan kepada Kader Partai di Eksekutif untuk melakukan investasi untuk penyelenggaraan penanggulangan bencana berdasar kajian resiko yang memadai," demikian bunyi rekomendasi rakernas.

PDIP juga menilai perlu membentuk kanwil-kanwil yang bertanggung jawab Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB). Kepala -kepala kanwil yang dimaksud jabatannya minimal setingkat eslon 2A sehingga dalam penanganan kebencanaan lebih efektif dan efisien.

"Setiap daerah, propinsi, kabupaten/kota membuat RENCANA KONTIJENSI yang memuat; ancaman bencana, sumberdaya daerah, manajemen krisis, kapasitas BPBD dan ketersediaan anggaran penanggulangan bencana."

Kepada kader di legislatif, Rakernas meminta agar dilakukan penguatan Undang-Undang No. 27 Tahun 2004 tentang Penanggulangan Bencana melalui perluasan dan pendalaman definisi, kapasitas, kewajiban pemerintah daerah, kejelasan penetapan status bencana dan jangka waktu penanganan bencana.

Rakernas PDIP juga memandang perlu dilakukan review UU Nomor 34 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, untuk memperjelas peran TNI dalam penanggulangan bencana, serta mendudukan TNI aktif dalam organisasi BNPB.

"Mendorong pelebaran besar anggaran penanggulangan baik pusat maupun daerah untuk kebutuhan penanggulangan bencana yang memadai," demikian bunyi rekomendasi rakernas PDIP.

KEYWORD :

Rakernas I PDI Perjuangam BNPB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :