Sabtu, 22/02/2020 04:43 WIB

Selidiki Kecelakaan Pesawat, AS Tawari Bantuan ke Ukraina

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menawarkan bantuan kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo. (Foto: AFP)

Washington, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo menawarkan bantuan kepada Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, untuk menyelidiki kecelakaan pesawat Ukraina di Iran.

Dalam pernyataannya pada Jumat (10/1), Pompeo menyatakan belasungkawa atas korban tewas dalam kecelakaan yang diduga disebabkan oleh rudal. Sementara Iran membantah bahwa Boeing 737-800 dijatuhkan oleh rudal.

"Kami mendukung #Ukraina dan siap menawarkan dukungan dan bantuan kami dalam penyelidikan yang sedang berlangsung," kata Pompeo dalam sebuah postingan di Twitter.

Sebelumnya Zelensky mengatakan, tidak mengesampingkan serangan rudal sebagai penyebab jatuhnya pesawat Ukraina di Teheran pada 8 Januari lalu.

Dalam sebuah pesan yang dirilis melalui Facebook, Zelensky meminta para pemimpin dunia, yang menuduh Iran menjatuhkan pesawat Ukraina International Airlines di Teheran pada Rabu, memberikan data Ukraina, guna mengkonfirmasikan kasus tersebut.

"Mengingat pernyataan terbaru oleh para pemimpin di media, kami meminta semua mitra internasional, khususnya pemerintah AS, Kanada dan Inggris untuk memberikan data dan bukti yang berkaitan dengan bencana kepada komisi investigasi," kata Zelensky.

Zelensky juga berharap Iran memberikan semua informasi dan akses ke para ahli dari Ukraina ke setiap lokasi untuk melakukan penyelidikan yang tidak memihak.

TAGS : Amerika Serikat Mike Pompeo Ukraina Kecelakaan Pesawat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :