Selasa, 25/02/2020 07:17 WIB

"Milenial" Jadi Kata Paling Populer Sepanjang 2019

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menetapkan istilah `milenial` sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2019.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud Dadang Sunendar (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menetapkan istilah `milenial` sebagai Kata Tahun Ini (KTI) 2019.

Kata yang bermakna `berkaitan dengan milenium` atau `berkaitan dengan generasi yang lahir antara 1980-an dan 2000-an` itu ditetapkan dengan sejumlah persyaratan, antara lain masuk dalam pencarian kata terpopuler dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

"Kata milenial merupakan kata yang digunakan sepanjang tahun menurut Google Trends dengan jumlah penggunaan tertinggi pada Maret 2019," terang Plt Kepala Badan Bahasa Kemdikbud, Dadan Sunendar, pada Senin (6/1) di Jakarta.

Kata milenial sepanjang 2019 juga menjadi penanda berbagai peristiwa. Di antaranya, lanjut Dadan, staf khusus Presiden Joko Widodo yang seluruhnya berasal dari kalangan milenial.

"Kata staf khusus milenial yang merupakan kueri tertinggi ketiga berdasarkan Google Trend, yang telah dipakai sebanyak 2.940.000 kali," ujar dia.

Dadan menambahkan, kriteria lainnya ialah penggunaan kata milenial dalam berbagai bidang kehidupan, yakni media nasional, publikasi ilmiah, laman pemerintahan, swasta, bidang pengetahuan, dan wilayah penggunaan.

"Kata milenial ini potensial untuk tetap bertahan digunakan karena beberapa hal berikut, yaitu untuk mengidentifikasi generasi produktif, berita yang ditulis generasi milenial yang beredar di masyarakat, dan diasosiasikan pada kebaruan dan kemodernan," tandas dia.

 

TAGS : Milenial Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud Dadang Sunendar




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :