Jum'at, 19/04/2024 07:12 WIB

Situasi Memanas, Timnas AS Gagal Bertandang ke Qatar

Kamp itu akan diadakan di Akademi Aspire di Doha pada 5-25 Januari, yang artinya para pemain akan berangkat akhir pekan ini.

Timnas AS (foto: Google)

Jakarta, Jurnas.com - Federasi Sepak Bola Amerika Serikat mengumumkan bahwa perjalanan ke kamp pelatihan tim sepakbola di Qatar dibatalkan karena situasi yang berkembang di Timur Tengah.

Pengumuman ini secara efektif membatalkan perjalanan ke Qatar - yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Skuad sedianya akan membuka kamp Senin di IMG Academy di Bradenton, Florida.

Namun, USSF berharap perjalanan yang berbeda ke Qatar dapat diselenggarakan kemudian.

"Kami bekerja sama dengan Asosiasi Sepakbola Qatar untuk menemukan peluang dalam waktu dekat bagi tim kami untuk mengalami fasilitas dan keramahan kelas dunia Qatar," kata USSF dalam sebuah pernyataan dilansir ESPN.

Kamp itu akan diadakan di Akademi Aspire di Doha pada 5-25 Januari, yang artinya para pemain akan berangkat akhir pekan ini.

Selama waktu itu, tim nasional dijadwalkan untuk mengadakan sesi pelatihan, serta ikut serta dalam pertandingan tertutup dengan klub lain dan tim nasional yang mengadakan kamp di negara itu, termasuk pertandingan melawan tim Austria Red Bull Salzburg pada 18 Januari.

Setelah kembali ke AS, tim akan berlatih di Carson, California, tepat di sebelah selatan Los Angeles, dan memainkan Kosta Rika dalam pertandingan persahabatan di Dignity Health Sports Park pada 1 Februari.

Namun pembunuhan Mayor Jenderal Qasem Soleimani, komandan militer Iran, oleh serangan udara AS di Baghdad pada hari Kamis menimbulkan kekhawatiran tentang situasi di wilayah tersebut.

Sementara Qatar dipandang aman, ada ketidakpastian mengenai bagaimana situasi politik dan keamanan di kawasan itu akan berlangsung dalam beberapa hari mendatang.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan Iran akan membalas dendam atas kematian Soleimani.

Oleh karenya, Departemen Luar Negeri AS mengatakan kepada Amerika agar segera meninggalkan Irak karena meningkatnya ketegangan di kawasan itu.

Perkembangan ini mengarahkan USSF untuk mempertimbangkan kembali apakah masuk akal untuk melakukan perjalanan. Pada hari Jumat, dengan sangat hati-hati, keputusan dibuat untuk menunda perjalanan dan memindahkan kamp.

KEYWORD :

Timnas AS Pusat Pelatihan Qatar Pembunuhan Soleimani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :