Sabtu, 27/04/2024 08:46 WIB

Syahrul Yasin Limpo Salurkan Bantuan Banjir di Cilincing

Keharusan untuk membantu warga yang terkena musibah adalah salah satu keterpanggilan sebagai bangsa Indonesia dan sebagai makhluk yang beragama.  

Menteria Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, turun langsung menyalurkan 11 truk bantuan untuk korban banjir Jakarta dan sekitarnya di Kantor Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu (4/1).

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo, turun langsung menyalurkan 11 truk bantuan untuk korban banjir Jakarta dan sekitarnya di Kantor Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, Sabtu  (4/1).

"Jajaran Kementerian Pertanian (Kementa) turun dengan 11 truk yang ada. Hari ini kami membagi tugas di limat titik, yaitu empat di Jakarta dan satu lagi di Tangerang Selatan," jelas Syahrul tanpa merinci bantuan tersebut.

Syahrul mengatakan, bantuan tersebut diserahkan atas instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar semua menteri turun membantu korban banjir.

"Hari ini, saya hadir di sini sesuai instruksi Bapak Presiden Jokowi yang memerintahkan semua menterinya turun ke lapangan agar negara terasa ada bersama rakyat yang kena masibah," kata Syahrul.

Namun, menurut Syahrul, keharusan untuk membantu warga yang terkena musibah adalah salah satu keterpanggilan sebagai bangsa Indonesia dan sebagai makhluk yang beragama.  

"Negara adalah milik kita semua. Dan, kita rakyat dan bangsa Indonesia adalah satu bangsa satu rasa, satu persaudaraan di antara kita. Karena itu, kehadiran kita hari ini dalam sebuah musibah banjir adalah keterpanggilan," ujar Syahrul.

"Kita warga Indonesia adalah orang yang beragama. Jadi kalau begitu, ini panggilan ibadah, panggilan agama. Siapa pun itu. Salah satu kewajiban Islam (maaf agama lain tentu sama) jika melihat sebuah musibah, ia akan memberika bantuan. Itu ajaran agama," sambungnya.

Sementara itu, Syahrul juga mengaku sudah terlebih dahulu menelepon Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang tidak sempat hadir sebelum memilih Cilincing sebagai tempat untuk menyalurkan bantuan kemanusiaan tersebut.

Cilincing merupakan salah satu daerah terkena dampak banjir di Jakarta. Sekretaris Kota Jakarta Utara, Desi Putra mengatakan, sebanyak 17 dari 31 kelurahan di Jakarta Utara yang diterjang banjir.

Sementara di Kecamatan Cilincing, liam dari dari kelurahan yang terkena dampak banjir. Dari lima kelurahan tersebut, saat ini tinggal satu kelurahan yang masih tergenang banjir dan menunggu surut, yaitu di Kelurahan Rorotan.

Akibat kejadian ini, kata Desi, sebanyak 2.699 masyarakat Cilincing pun terpaksa harus mengungsi. "Jadi ini butuh kolaborasi, tak hanya di masyarakat, tapi juga di pemerintah," tegasnya.

KEYWORD :

Syahrul Yasin Limpo Bantuan Banjir Banjir Jakarta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :