Jum'at, 21/02/2020 22:47 WIB

Masih Tempati Ruang Kerja Ketua MPR, Zulkifli Dinilai Miskin Teladan

Tiga bulan pimpinan MPR periode 2019-2024 dilantik, namun Zulkifli Hasan masih menempati ruang kerja dan rumah dinas Ketua MPR.

Wakil Ketua MPR, Zulkifli Hasan

Jakarta, Jurnas.com - Tiga bulan pimpinan MPR periode 2019-2024 dilantik, namun Zulkifli Hasan masih menempati ruang kerja dan rumah dinas Ketua MPR.

Padahal, posisi Zulkifli telah digantikan oleh Bambang Soesatyo (Bamsoet). Sementara Bamsoet harus mengalah dengan menempati ruang kerja bekas Wakil Ketua MPR dari unsur DPD Oesman Sapta Odang (OSO).

"Belum berubah. Pak Zulhas masih di tempat yang dulu (saat menjabat Ketua MPR)," kata salah satu petugas yang enggan disebutkan namanya di lantai 5 Nusantara III DPR.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menilai Indonesia dihadapi fakta yang ironis karena elit bangsa Indonesia sedang mempertontonkan keteladanan kepada masyarakat.

Sikap Zulhas menurut dia mencontohkan elit berbuat seenaknya dan tidak memberi suri tauladan yang baik kepada rakyat.

"Saat ini kita memang sedang dipertontonkan dengan miskin nya keteladanan dari para elite.
Elite berbuat seenaknya dan tak memberi suri tauladan yang baik pada rakyat," kata Ujang.

Karena itu menurut dia sikap Zulhas mencerminkan tidak memiliki itikad baik untuk mengembalikan fasilitasnya masing-masing.

"Itulah fakta yang terjadi. Mereka bertiga tidak memiliki itikad yang baik untuk mengembalikan fasilitas masing-masing. Dan juga tidak memberi contoh yang baik pada masyarakat," ujarnya.

Ujang menegaskan bahwa seharusnya ketika mereka sudah dilantik diposisinya masing-masing yaitu di jabatan yang baru, di hari itu pula mereka mengembalikan fasilitas masing-masing dan mendapatkan fasilitas yang sesuai dengan haknya.

Karena itu dia menilai sikap yang tidak mengembalikan fasilitas yang bukan hanya, diduga melanggar etika.

"Secara etika mereka melanggar kepatutan. Karena mereka menggunakan fasilitas yang bukan haknya," tegasnya.

Ketua Umum PAN periode 2014-2019 itu juga masih menempati rumah dinas Ketua MPR di Widya Chandra IV nomor 16, Jakarta Selatan. Meski tak ada yang dilanggar, namun Zulkifli Hasan dianggap bermasalah secara moral.

"Tidak melanggar aturan. Tapi secara etika bermasalah," demikian Ujang.

TAGS : Warta MPR Pimpinan MPR Zulkifli Hasan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :