Rabu, 20/01/2021 01:02 WIB

Peristiwa Sejarah 02 Januari

Pada 2 Januari 2011, Pangeran Harry dipulangkan dari dinas militer di Afghanistan setelah sebuah majalah mengungkapkan kehadirannya di zona perang.

Pada 2 Januari 2011, Pangeran Harry dipulangkan dari dinas militer di Afghanistan setelah sebuah majalah mengungkapkan kehadirannya di zona perang.

Jurnas.com - Tanggal 02 Januari yang jatuh pada hari ke-2 dalam Kalender Gregorian dengan 363 hari (atau 364 dalam tahun kabisat) menjelang akhir tahun menyimpan banyak peristiwa sejarah, diantaranya:

1492 - Reconquista: Granada, pertahanan terakhir bangsa Moor di Spanyol, menyerah.

1777 - Perang Kemerdekaan Amerika Serikat: Pasukan Amerika Serikat di bawah komando George Washington memukul mundur serangan pasukan Inggris dalam Pertempuran Assunpink Creek dekat Trenton, New Jersey.

1863 - Perang Sipil Amerika Serikat: Pertempuran Stones River (atau disebut juga Pertempuran Murfreesboro) berlanjut kembali di Tennessee tengah setelah 1 hari gencatan senjata, berakhir dengan kemenangan pasukan Union yang signifikan.

1870 - Pembangunan Jembatan Brooklynddi New York City, Amerika Serikat dimulai.

1905 - Perang Rusia - Jepang: Pasukan Kekaisaran Rusia menyerah kepada pasukan Kekaisaran Jepang di Port Arthur, Tiongkok.

1920 - Serangan Palmer kedua dipimpin Jaksa Agung Amerika Serikat, Alexander Mitchell Palmer, menangkap lebih dari 6,000 orang yang disangka komunis dan anarkis tanpa proses pengadilan di 12 kota besar di Amerika Serikat.

1929 - Kanada dan Amerika Serikat menyepakati rencana preservasi Air Terjun Niagara.

1942 - Federal Bureau of Investigation (FBI) menahan 33 orang anggota jaringan mata-mata Jerman dipimpin oleh Fritz Joubert Duquesne dalam kasus spionase terbesar dalam sejarah Amerika Serikat — Duquesne Spy Ring.

1942 - Perang Dunia II: Manila, Filipina dikuasai Jepang.

1945 - Perang Dunia II: Nuremberg, Jerman (dalam bahasa Jerman disebut Nürnberg) dibombardir besar-besaran oleh pasukan Sekutu.

1963 - Perang Vietnam: Pasukan gerilya Viet Cong meraih kemenangan besar pertamanya dalam Pertempuran Ap Bac.

1967 - Dr. Christiaan Barnard melakukan transplantasi jantung kedua yang berhasil.

1967 - Ronald Reagan dilantik sebagai gubernur California ke-33.

1974 - Presiden AS Richard Nixon menandatangani undang - undang yang mewajibkan negara bagian untuk membatasi kecepatan jalan raya hingga 55 mph atau kehilangan dana jalan raya federal.

1981 - Polisi di Inggris menangkap apa yang disebut "Yorkshire Ripper," setelah lima tahun dalam pelarian. Peter Sutcliffe dihukum karena membunuh 13 wanita dan berusaha membunuh tujuh wanita lagi.

1990 - Tersangka terorisme paling dicari di Inggris, Patrick Sheehy, ditemukan tewas di Republik Irlandia.

2006 - 12 orang tewas dalam ledakan gas metana di sebuah tambang batu bara di Upshur County, Virginia Barat. Seorang pria ditemukan hidup setelah 41 jam terjebak di bawah tanah

2011 - Pangeran Harry, cucu Ratu Inggris Elizabeth II, dipulangkan dari dinas militer di Afghanistan setelah sebuah majalah mengungkapkan kehadirannya di zona perang. Dia kemudian kembali untuk melanjutkan pelatihan sebagai pilot tempur.

2019 - Dua wanita India memasuki kuil Hindu Sabarimala, yang pertama melakukannya karena pengadilan mengakhiri larangan lama terhadap wanita pada 2018.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan Januari




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :